Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri

InfoBPJS.idCara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri – Bagi kamu yang merupakan karyawan dari sebuah perusahaan dan ingin resign atau berwirausaha, maka penting untuk mengurus BPJS kamu yang sebelumnya dalam jenis BPJS Kesehatan Perusahaan atau PPU menjadi BPJS Kesehatan Mandiri. Apabila kamu belum tahu caranya, maka berikut ulasan yang perlu untuk kamu simak.

BPJS Perusahaan Menjadi BPJS Mandiri

Perlu kamu ketahui bahwa BPJS Kesehatan terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah PPU atau Pekerja Penerima Upah atau yang biasa kita sebut dengan BPJS Kesehatan Perusahaan. BPJS jenis ini merupakan BPJS untuk para pekerja baik swasta maupun pemerintah termasuk TNI, Polri dan anggota DPRD.

Untuk karyawan yang resign dari tempat kerjanya wajib mengurus jenis dari BPJS yang dia punya dengan segera, jika sebelumnya menggunakan BPJS perusahaan maka harus dirubah menjadi BPJS mandiri. Hal ini dimaksud agar kartu BPJS Kesehatannya tidak dinonaktifkan sementara.

Iuran BPJS Kesehatan Mandiri 2021

Sebagai informasi, iuran BPJS Kesehatan Mandiri untuk 2021 mengalami kenaikan sebagai berikut:

  • Untuk kelas 1 menjadi Rp. 150.000 setiap bulannya.
  • Untuk kelas 2 menjadi Rp. 100.000 setiap bulannya.
  • Untuk kelas 3 menjadi Rp. 42.000 setiap bulannya.

Biaya tersebut untuk 1 orang perbulan, sehingga jika ada penambahan anggota keluarga maka kamu bisa menghitung iuran diatas dengan dikalikan jumlah anggota keluarga kamu.

Persyaratan Mengubah BPJS Perusahaan Menjadi BPJS Mandiri

Untuk mengubah BPJS perusahaan menjadi BPJS mandiri pun sebenarnya sangat mudah, namun kita perlu mempersiapkan persyaratan yang ada, yakni:

  • Kartu BPJS Kesehatan Perusahaan
  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Berhenti Bekerja
  • Rekening bank; Mandiri, BCA, BNI, BRI ataupun BTN.
BACA  Cara Mudah Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM BRI

Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri

Kita bisa mengurus perubahan BPJS perusahaan ke mandiri dengan dua cara, yakni:

  1. Ke Kantor BPJS Kesehatan

Cara yang pertama ini, kamu bisa langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan yang telah kamu persiapkan. Dengan begitu ikuti instruksi dari petugas kesehatan dan biasanya proses hanya berlangsung selama kurang lebih 1 hingga 2 jam saja.

  1. Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Cara yang kedua adalah melalui Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Kamu bisa menghubungi nomor tersebut dan berbicara dengan customer service untuk mengurus perubahan BPJS perusahaan kamu menjadi BPJS mandiri. Kamu bisa melakukan panggilan hanya saat jam kerja pada hari kerja saja.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri. Semoga pembahasan kita kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya.