Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Whatsapp Terbaru

InfoBPJS.id – Semua peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif, berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada faskes atau fasilitas kesehatan yang sesuai dengan tempat tinggal peserta tersebut. Namun, beberapa kasus yang terjadi adalah peserta tempat tinggal dan bingung untuk memindahkan faskes BPJS mereka. Padahal, caranya cukup mudah dan bahkan bisa dilakukan melalui Whatsapp saja. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pindah Faskes BPJS Melalui Whatsapp

Sebagian peserta BPJS akan langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pemindahan faskes tingkat pertama mereka, padahal mereka bisa menggunakan cara online. Lebih praktis dan tentunya tidak perlu lama mengantri. Apabila ruang penyimpanan perangkat kamu memadai, maka kamu bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Namun jika tidak, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi chatting yang pastinya sudah terpasang pada perangkat kamu yakni Whatsapp.

Tentu, kamu bisa melakukan pemindahan faskes BPJS melalui Whatsapp. Lebih tepatnya lagi kamu menggunakan layanan Pandawa yang bisa diakses melalui Whatsapp. Layanan Pandawa sendiri merupakan layanan yang diberikan oleh BPJS untuk membantu pesertanya dalam mengurus segala perubahan, pendaftaran hingga pindah faskes.

Syarat Pindah Faskes BPJS Melalui Whatsapp

Untuk melakukan perubahan atau pindah faskes BPJS melalui Whatsapp, maka kamu perlu untuk memenuhi persyaratan yang ada, yakni:

  • Pastikan nomor BPJS kamu sudah terdaftar dan berstatus aktif.
  • Pastikan tidak memiliki tunggakan atau sudah melunasi tunggakan BPJS Kesehatan.
  • Pindah faskes ini hanya bisa berlaku minimal 3 bulan sekali.
  • Wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan minimal 3 bulan.
  • Menyertakan surat keterangan kerja atau domisili.
BACA  Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui iSaku

Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Whatsapp

Apabila kamu sudah memenuhi persyaratan yang ada, maka kamu perlu menyimpan nomor Whatsapp Pandawa terlebih dahulu, yakni 08118165165. Jika sudah, maka berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Whatsapp kamu dan cari kontak Pandawa.
  • Selanjutnya kirim pesan “Menu”.
  • Kemudian kamu akan mendapatkan pilihan layanan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu, ikuti instruksi yang ada untuk menyelesaikan pemindahan faskes BPJS melalui Whatsapp.

Perlu diketahui bahwa kamu baru bisa menggunakan faskes yang baru saat awal bulan. Jadi apabila kamu melakukan pemindahan faskes pada pertengahan bulan, maka kamu bisa mengunjungi faskes yang lama untuk berobat ataupun mendapatkan layanan kesehatan lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara pindah faskes BPJS melalui Whatsapp. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.