Cara Pindah Faskes Pertama JKN-KIS Dari HP

Cara Pindah Faskes Pertama JKN-KIS Dari HP

Diposting pada

InfoBPJS.id – Artikel ini akan memberikan informasi tentang Cara Pindah Faskes Pertama JKN-KIS Dari HP. Bagi kamu yang merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat melakukan perubahan faskes tingkat pertama hanya menggunakan HP saja. Bagiamana caranya? Berikut penjelasan dan panduan yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengubah Faskes KIS Melalui HP

Saat ini masyarakat tidak perlu repot lagi untuk pergi ke kantor cabang terdekat BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan faskes tingkat pertama. Karena untuk pengubahan FKTP bisa peserta ubah melalui aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN.

Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi resmi dari BPJS yang bertujuan untuk memudahkan peserta BPJS Kesehatan dan JKN-KIS untuk mendapatkan informasi terupdate dan layanan online dari BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan aplikasi JKN Mobile peserta tidak perlu repot lagi untuk melakukan perubahan data. Bahkan peserta bisa melihat kartu digital JKN-KIS untuk berobat pada faskes tingkat pertama.

Fitur – fitur yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN sangat lengkap dan memudahkan peserta dalam mengetahui detail dari BPJS Kesehtan dan JKN-KIS. Selain Mobile JKN, peserta bisa juga melakukan pemidahan faskes menggunakan layanan PANDAWA. Tetapi kekurangan dari layanan PANDAWA terletak pada jam kerja yang hanya bisa beroperasi dari hari Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 hingga 15.00 saja.

Berikut ini adalah panduan yang bisa kamu gunakan untuk pindah FKTP JKN-KIS dari HP.

Tutorail Pindah Faskes Pertama JKN-KIS Dari HP

  • Langkah pertama silahkan install Aplikasi Mobile JKN dan login menggunakan akun JKN Mobile milik kamu. Apabila kamu belum mempunyai akun Mobile JKN, kamu bisa daftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah – langkah yang muncul.
  • Setelah berhasil login, ketuk pada menu “Menu Lainnya”.
  • Kemudian silahkan cari dan pilih menu “Perubahan Data Peserta”.
  • Setelah itu, scroll kebawah dan ketuk pada pilihan “Fasilitas Kesehatan Tingakt I”.
  • Apabila kamu ingin mengubah FKTP dalam satu keluarga, kamu ceklis pada pilihan “Perubahan Satu Kelaurga”. Lanjut dengan pilih Provinsi, Kota/Kabupaten, Fasilitas Kesehatan dan ketuk tombol “Simpan”.
  • Selesai, sekarang kamu sudah berhasil mengubah faskes tingkat pertama dari HP.
BACA  Prosedur dan Syarat Melahirkan di Luar Kota Menggunakan BPJS Kesehatan

Akhir Kata

Demikianlah panduan dan penjelasan singkat tentang Cara Pindah Faskes Pertama JKN-KIS Dari HP. Perubahan ini hanya bisa kamu lakukan 1 kali dan 3 bulan. Jadi apabila kamu ingin mengubah data kembali, kamu harus menunggu 3 bulan kemudian. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.