Cara Pindah Kepesertaan BPJS Mandiri ke Perusahaan

InfoBPJS.idCara Pindah Kepesertaan BPJS Mandiri ke Perusahaan – Sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam melindungi kesehatan warganya, pemerintah memberikan program BPJS Kesehatan. Selain memiliki fasilitas kelas yang berbeda, program ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, yakni BPJS mandiri, PBI dan perushaan. Dan sesuai dengan judul, maka postingan kali ini akan membahas mengenai cara untuk memindahkan kepesertaan BPJS mandiri ke perusahaan. Bagi kamu yang sedang membutuhkannya bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bedanya BPJS Mandiri dan Perusahaan

Sebelum kita membahas cara pindah kepesertaan BPJS mandiri ke perusahaan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara BPJS mandiri dan perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dan BPJS mandiri dan perusahaan pun tidaklah jauh berbeda, yakni BPJS mandiri adalah BPJS yang biaya iurannya ditanggung penuh sendiri. Sedangkan BPJS perusahaan adalah BPJS yang mana iurannya di ambil dari gaji secara langsung dalam presentasi tertentu. Sehingga biasanya peserta BPJS mandiri akan pindah ke BPJS perusahaan saat telah mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa perbedaan dari keduanya hanyalah sumber dari pembayaran iuran saja.

Persyaratan Dokumen Yang Harus Terpenuhi

Untuk bisa mengurus perpindahan kepesertaan BPJS mandiri ke perusahaan, kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan dokumen. Dengan persyaratan dokumen tersebut proses perpindahan kepesertaan BPJS kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar. Adapun persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi adalah:

  • KTP asli beserta fotokopinya.
  • KK asli beserta fotokopinya.
  • Kartu BPJS mandiri asli beserta fotokopinya.
  • Bukti print nota pembayaran tiga bulan terakhir.
BACA  Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Online

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Mandiri ke Perusahaan

Setelah mengantongi persyaratan dokumen tersebut maka kamu bisa bisa melakukan perpindahaan kepesertaan dengan menyerahkan dokumen tersebut ke bagian yang biasa menangani BPJS di perusahaan tempat kamu bekerja. Dan nantinya perusahaanlah yang akan mengurus semua proses perpindahan kepesertaan BPJS kamu tersebut.

Nantinya pihak bersangkutan juga akan memvalidasi data kepesertaan BPJS perusahaannya. Sehingga kamu tidak perlu melakukan apapun selain mempersiapkan syarat dokumen yang seperti yang kita bahas sebelumnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara pindah kepesertaan BPJS mandiri ke perusahaan. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.