Cara Pisahkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui WhatsApp

Cara Pisahkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui WhatsApp

InfoBPJS.idCara Pisahkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui WhatsApp. Apabila sebelumnya kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di KK atau Kartu Keluarga lama, dan kini sudah pindah ke KK baru. Maka artinya kamu harus memindahkan kepesertaan BPJS Kesehatan kamu tersebut agar tidak menjadi tanggungan di KK lama. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membagikan cara pisahkan kepesertaan BPJS Kesehatan melalui WhatsApp.

Memisahkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui WhatsApp

Ada banyak sekali kemudian yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, tak hanya dari segi pelayanan, peserta juga diberikan kemudahan dalam segi administrasi. Karena BPJS Kesehatan telah menyediakan berbagai platform digital yang bisa digunakan dengan mudah, salah satunya WhatsApp.

Aplikasi chatting yang biasa kita gunakan tersebut juga bisa kita manfaatkan dalam melaporkan perubahan susunan anggota keluarga yang mana berpengaruh dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Adanya perubahan susunan anggota keluarga yang dibuktikan dengan terbitnya Kartu Keluarga yang baru, mewajibkan peserta BPJS Kesehatan untuk memisahkan atau memindahkan kepesertaan agar iurannya tidak menjadi tanggungan VA keluarga yang lama.

Memisahkan atau memindahkan kepesertaan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui WhatsApp. Sehingga peserta tak perlu lagi mengantre seperti mengurus langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan. Peserta hanya memerlukan ponsel, akun WhatsApp dan jaringan internet.

Cara Memisahkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui WhatsApp

Berikut ini adalah cara untuk memisahkan kepesertaan BPJS Kesehatan melalui WhatsApp.

  • Pertama-tama, kamu harus menyimpan nomor Pandawa ke kontak WhatsApp kamu. Adapun nomornya 0811 8165 165.
  • Setelah itu, kirim pesan yang sesuai dengan status kamu saat ini ke nomor Pandawa yang kamu simpan sebelumnya melalui WhatsApp.
  • Pandawa akan membalas pesan kamu dengan form yang perlu kamu isi. Isi form sesuai dengan data KK yang baru dan pastikan untuk mengisinya dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Setelah kamu selesai mengisi form data diri, kamu akan diminta untuk mengunggah Kartu Keluarga.
  • Terakhir, kamu harus menunggu data diproses dalam waktu sekitar 35 hingga 40 menit.
BACA  Alur Pelayanan Puskesmas Untuk Pasien BPJS

Akhir Kata

Itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk memisahkan kepesertaan BPJS Kesehatan melalui WhatsApp. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin