Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS

InfoBPJS.id – Beberapa fasilitas kesehatan, khususnya BPJS yang bisa kita akses secara online tentunya sangat memudahkan peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan secara cepat. Salah satu fasilitas yang banyak peserta gunakan adalah skrining riwayat kesehatan BPJS yang menawarkan pemeriksaan dini dengan menyisipkan formulir medis online yang nantinya bisa menjadi acuan indikasi medis. Nah, jika kamu belum tahu cara menggunakannya maka silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Skrining Riwayat Kesehatan BPJS

Skrining kesehatan merupakan proses pemeriksaan untuk menentukan apakah peserta memiliki resiko tinggi pada suatu penyakit tertentu. Secara langsung, skrining riwayat kesehatan BPJS Kesehatan bisa membantu untuk mengetahui kondisi maupun diagnosa awal pada suatu penyakit. Dan menariknya, kamu bisa menggunakan fitur skrining riwayat kesehatan BPJS secara online baik melalui website maupun aplikasi Mobile JKN.

Fitur skrining riwayat BPJS bisa digunakan sebagai salah satu syarat dalam mendapatkan penanganan pada faskes terdekat, karena secara online kita bisa tahu berat atau ringannya penyakit yang diderita menggunakan kuesioner dan bisa juga menjadi diagnosa awal. Umumnya, skrining kesehatan BPJS bisa mengetahui risiko dari empat jenis penyakit, yakni Hipertensi, Jantung Koroner, Ginjal Kronik dan Diabetes Melitus.

Dengan hanya memasukkan nomor kartu dan mengisi formulir pada web skrining BPJS Kesehatan, kita bisa mendapatkan informasi mengenai penyakit beserta pendiagnosaan. Jadi, ketika ada resiko sedang atau tinggi, nantinya skrining ini bisa langsung dicetak dan digunakan sebagai alat konsultasi pada Faskes Tingkat Pertama.

Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS

Untuk melakukan skrining kesehatan BPJS pun sangat mudah dan kamu bisa melakukannya pada situs BPJS Kesehatan lalu membuka menunya. Namun sebelumnya, pastikan kamu telah menyiapkan nomor kartu BPJS dan juga tanggal lahir. Adapun cara mendapatkan hasil skrining kesehatan BPJS adalah sebagai berikut:

  • Buka laman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs lalu tap simbol “<” hingga muncul beberapa menu yang bisa kamu pilih.
  • Pada beberapa menu yang muncul, kamu bisa tap menu “Skrining Kesehatan”.
  • Selanjutnya masukkan nomor kartu BPJS dan juga tanggal lahir kamu lalu tap “Cari Peserta”.
  • Lanjut dengan tap “Setuju” dan masukkan informasi data diri mulai dari berat badan, tinggi badan dan lainnya.
  • Apabila semua data sudah benar maka lanjut dengan dapat “Selanjutnya”.
  • Kemudian isi formulir riwayat kesehatan yang ada dengan sejujur-jujurnya agar hasilnya akurat.
  • Jika semuanya sudah kamu isi maka lanjut dengan tap “Simpan”.
  • Selesai, kamu bisa langsung melihat hasil skrining kamu dan tap tombol “Cetak Hasil” untuk mencetaknya.
BACA  Cara Mudah Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Akhir Kata

Demikianlah cara skrining riwayat kesehatan yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.