Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Diposting pada

InfoBPJS.id – Ada beberapa alasan yang menyebabkan peserta BPJS Kesehatan memilih untuk turun kelas, salah satunya adalah faktor biaya iuran perbulannya. Untuk turun kelas BPJS Kesehatan pun sebenarnya sangat mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan. Ya, kita bisa melakukan penurunan kelas secara online melalui aplikasi Mobile JKN. Bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara turun kelas BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN.

Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Mobile JKN merupakan salah satu aplikasi penunjang dalam mempermudah peserta BPJS Kesehatan untuk mengakses segala informasi maupun layanan fasilitas kesehatan. Mulai dari pembayaran iuran hingga penurunan kelas pun bisa kita lakukan dengan hanya menggunakan aplikasi Mobile JKN. Caranya pun cukup mudah dan hanya memerlukan koneksi internet yang stabil. Jika belum memiliki aplikasi tersebut, kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store untuk pengguna Android ataupun App Store untuk pengguna iOS.

Syarat Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Namun sebelum melakukan penurunan kelas BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni:

  • Wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif minimal satu tahun pada kelas iuran yang akan diturunkan.
  • Status BPJS peserta harus dalam kondisi aktif dan tidak memiliki tunggakan iuran.
  • Apabila melakukan turun kelas pada bulan berjalan maka artinya perubahan akan berlaku pada bulan kedepan atau berikutnya.
  • Perubahan status kelas akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar, sehingga apabila melakukan penurunan kelas maka BPJS Kesehatan seluruh anggota keluarga akan turun kelas juga.
BACA  Lowongan Kerja BPJS Kesehatan, Ini Posisi dan Syaratnya

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa untuk melakukan penurunan kelas melalui Mobile JKN pun cukup mudah, yakni seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi Mobile JKN yang telah kamu unduh sebelumnya lalu login menggunakan akun kamu. Apabila belum memiliki akun maka harus mendaftar terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil login maka selanjutnya tapi menu strip tiga yang ada pada bagian pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih menu “Ubah Data Peserta”.
  • Lanjut dengan memilih kelas pada kolom yang paling bawah.
  • Ubah kelas sebelumnya dengan kelas yang baru.
  • Pastikan semua data yang kamu ubah telah benar dan sesuai.
  • Selesai, turun kelas BPJS melalui Mobile JKN sudah berhasil kamu lakukan.

Akhir Kata

Demikianlah cara turun kelas BPJS melalui Mobile JKN yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.