Cara Ubah Data Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui PANDAWA

InfoBPJS.idCara Ubah Data Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui PANDAWA. Berbagai layanan kini telah disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan pesertanya dalam melakukan keperluan terkait kepesertaannya. Salah satunya adalah adanya layanan online aplikasi Mobile JKN dan juga layanan Whatsapp bernama PANDAWA. Dengan kedua layanan tersebut, peserta tak perlu lagi mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaannya.

Begitu juga untuk kamu yang ingin mengubah data kepesertaan BPJS Kesehatan, seperti mengajukan penambahan anggota ataupun pengurangan karena meninggal dunia. Kini bisa dilakukan melalui layanan Whatsapp PANDAWA. Bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara ubah data kepesertaan BPJS Kesehatan melalui PANDAWA.

Suara Ubah Data Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui PANDAWA

PANDAWA atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp ini merupakan layanan yang bisa membantu peserta yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Selain penambahan ataupun pengurangan peserta dalam satu Kartu Keluarga, PANDAWA juga bisa kita gunakan untuk beberapa perubahan data alamat, nama bayi, data KIS dan lainnya.

Dan sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai cara ubah data kepesertaan BPJS melalui PANDAWA, kita juga perlu mengetahui syarat yang harus terpenuhi agar nantinya kita tidak mengalami kesulitan. Pada dasarnya untuk syarat yang dibutuhkan pun tergantung dengan perubahan apa yang akan kita lakukan. Hanya saja ada beberapa identitas diri kepesertaan yang pastinya perlukan, seperti kartu BPJS Kesehatan/JKN-KIS, KTP, KK dan lainnya.

Cara Ubah Data Kepesertaan BPJS Kesehatan Melalui PANDAWA

Setelah semua syarat terpenuhi, maka selanjutnya kita sudah bisa mengubah data kepesertaan BPJS Kesehatan melalui PANDAWA tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dengan begitu kamu bisa melakukannya kapan dan dimana saja. Namun alangkah baiknya untuk melakukannya pada saat jam kerja yakni pada hari Senin sampai Jumat di pukul 08.00 hingga 15.00 setempat.

BACA  Cara Mengeluarkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Karena Bercerai

Hal tersebut bertujuan agar nantinya peserta yang ingin melakukan perubahan data bisa langsung tersampaikan dan mendapatkan balasan dari PANDAWA dengan cepat. Berikut cara ubah data kepesertaan BPJS melalui PANDAWA yang bisa kamu gunakan.

  • Kamu bisa menyimpan terlebih dahulu nomor PANDAWA BPJS Kesehatan resmi dengan nomor 0811 8750 400. Kamu juga bisa menghubungi nomor PANDAWA BPJS Kesehatan Kantor cabang domisili yang bisa kamu dapatkan pada postingan selanjutnya.
  • Kirim pesan sesuai dengan keperluan pengubahan data yang kamu inginkan secara jelas.
  • Nantinya pihak PANDAWA akan meminta syarat yang telah kamu persiapkan.
  • Jika sudah maka kamu hanya perlu menunggu pihak PANDAWA memprosesnya.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai cara ubah data kepesertaan BPJS melalui PANDAWA. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.