Cara Ubah Nomor Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id – BPJS Ketenagakerjaan memang ditujukan sebagai bentuk layanan jaminan kesehatan untuk seluruh pekerja di Indonesia. Dan salah satu syarat yang kamu butuhkan saat melakukan pendaftaran adalah memiliki nomor rekening bank. Namun, ada beberapa hal yang mungkin saja menyebabkan peserta harus mengubah nomor rekening bank miliknya di BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, apakah kamu sudah tahu cara ubah nomor rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan? Jika belum maka silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Ubah Nomor Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang kita tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, seperti BRI, BNI, BTN, BCA, Mandiri, BJB dan lainnya. Dan peserta yang memutuskan untuk mengubah nomor rekening bank miliknya pada BPJS Ketenagakerjaan maka bisa dengan mudah kamu lakukan karena bisa menggunakan fasilitas SIPP online BPJS Ketenagakerjaan. Kita bisa menggunakan pengaturan yang ada dalamnya untuk memutasikan data mencakup tambah tenaga kerja, perhitungan iuran hingga mengubah nomor rekening.

Sementara itu, penyebab peserta mengubah nomor rekening bank miliknya bisa karena banyak faktor, seperti nasabah diblokir, ganti bank ataupun adanya kebijakan baru dari perusahaan. Dan pada dasarnya, mengubah nomor rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan dilakukan oleh HRD perusahaan yang bersangkutan.

Cara Ubah Nomor Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa mengubah nomor rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan, kita bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka situs sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu login dengan memasukkan email dan password.
  • Selanjutnya tap opsi “Perusahaan Binaan” lalu tap menu “Dropdown” untuk memilih salah satu perusahaan terdaftar dan tap “OK”.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan utama SIPP BPJS Ketenagakerjaan dan kamu bisa melihat informasi manajemen karyawan secara lengkap.
  • Kemudian scrool ke bawah hingga kamu menemukan informasi karyawan untuk mengubah nomor rekening bank.
  • Lanjut dengan masukkan nama pada kolom pencarian dan tap “Search”.
  • Setelah menemukan nama peserta yang ingin kamu ubah rekening banknya maka tap ikon edit lalu tap “Edit Profil”.
  • Pada menu input data karyawan lanjut dengan pilih Nama Bank dan ketika nama rekening sesuai dengan data asli peserta.
  • Masukkan juga nomor rekening dengan lengkap.
  • Apabila semua data rekening bank sudah benar maka tap “Save Changes”.
  • Selesai, kamu telah berhasil mengubah nomor rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan.
BACA  Perbedaan JHT dan JP BPJS Ketenagakerjaan

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara ubah nomor rekening bank di BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.