Cek Data BPJS Kesehatan Apakah Bocor Atau Tidak Dengan Cara Ini

InfoBPJS.id – Belakangan ada dugaan kebocoran data pribadi milik anggota BPJS Kesehatan sebanyak 279 juta peserta, sehingga hadirlah laman yang bisa kita gunakan untuk mengecek status kebocoran akun BPJS Kesehatan kita. Dan pada postingan kali ini kita akan membahas cara cek data BPJS Kesehatan bocor atau tidaknya menggunakan laman tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Kebocoran Akun BPJS Kesehatan

Tidak hanya pada aplikasis chatting, akun BPJS Kesehatan pun turut menjadi target dari peretasan data pribadi. Dan erawal dari dugaan kebocoran data pribadi peserta BPJS Kesehatan oleh akun Kotz yang dijual pada Raid Forums, membuat peneliti keamanan siber dan pendiri hack.co.id membuat situs periksadata.com/bpjs/. Situs ini mampu memeriksakan kebocoran data pribadi peserta BPJS dengan mudah.

Dan untuk akun yang bocor pun diduga telah dijual akun tersebut yang mana ada sebanyak 1 juta sampel uang turut ditawarkan dan dapat diunduh secara gratis pada sejumlah situs. Kominfo pun telah melakukan pemutusan akses dengan situs – situs yang terkait kebocoran data BPJS Kesehatan.

Namun sayangnya, pihak BPJS belum melakukan tindakan apapun dalam menangani insiden ini. Padahal apabila data pribadi peserta masuk dalam data BPJS Kesehatan yang diduga bocor, mereka tidak bisa berbuat apapun.

Cara Cek Data BPJS Kesehatan

Adapun cara cek data BPJS Kesehatan melalui situs periksadata.com/bpjs/ tidaklah sulit dan hanya memerlukan nomor keanggotaan BPJS. Adapun langkah – langkahnya adalah  sebagai berikut:

  • Buka situs periksadata.com/bpjs/ menggunakan browser yang biasa kamu gunakan.
  • Kemudian,kamu isi nomor keanggotaan BPJS kamu pada kolom yang tersedia.
  • Terakhir kamu tap pada pilihan “Periksa Sekarang” dan kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai akun BPJS Kesehatan kamu.
  • Jika data kamu masuk dalam 1 juta sampel yang bocor maka akan muncul pemberitahuan bahwa data mulai dari Nama Lengkap, NIK, nomor HP hingga tanggal lahir telah bocor.
BACA  Syarat dan Prosedur Layanan BPJS Pada Klinik Tumbuh Kembang Anak

Meski demikian, jika data kamu tidak masuk dalam 1 juta data sampel yang bocor, tetap ada kemungkinan data kamu bocor bersamaan dengan 279 juta data anggota lainnya.

Itulah ulasan kita kali ini mengenai cara cek data BPJS Kesehatan bocor atau tidaknya. Semoga artikel dan tutorial ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ya.