Fasilitas dan Layanan Kesehatan Pada Faskes Pertama BPJS Kesehatan

Fasilitas dan Layanan Kesehatan Pada Faskes Pertama BPJS Kesehatan

Diposting pada

InfoBPJS.id – Untuk memeriksakan kondisi kesehatannya, peserta BPJS Kesehatan terlebih dahulu harus ke faskes atau fasilitas kesehatan pertama yakni klinik ataupun puskesmas. Setelah itu, jika memang harus dan kondisi pasien memenuhi ketentuan yang berlaku maka barulah bisa dirujuk ke rumah sakit atau faskes tingkat lanjutan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja fasilitas dan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan pada faskes pertama agar tak ada kesalahpahaman nantinya.

Namun, kamu tak perlu khawatir jika belum mengetahui apa saja fasilitas dan layanan kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan pada faskes pertama. Sebab kali ini kita akan membahasnya agar bisa menjadi informasi bermanfaat untuk semuanya. Berikut ulasan selengkapnya yang patut untuk kamu simak.

Faskes Tingkat Pertama BPJS Kesehatan

Faskes tingkat pertama BPJS Kesehatan merupakan tempat pertama yang harus peserta BPJS Kesehatan datangi untuk berobat. Lokasi faskes tingkat pertama ini sesuai dengan pilihan saat peserta mendaftar dan faskes tingkat pertama. Meliputi puskesmas, klinik kesehatan dan dokter umum yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Peserta harus berobat pada faskes tingkat pertama terlebih dahulu dan jika memang memerlukan penanganan yang lebih serius maka bisa mendapatkan rujukan ke faskes tingkat lanjutan.

Fasilitas Kesehatan Pada Faskes Tingkat Pertama

Pelayanan kesehatan pada faskes tingkat pertama BPJS Kesehatan merupakan pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat non spesialistik atau primer. Yang meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap yang diberikan oleh

  • FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yakni puskesmas, praktik dokter, praktik dokter gigi, klinik pratama dan rumah sakit kelas D pratama.
  • Jejaring FKTP yakni bidan, apotek jejaring dan laboratorium jejaring.
  • Fasilitas kesehatan penunjang yang bekerja sama langsung dengan BPJS Kesehatan yakni apotek PRB dan Laboratorium.
BACA  Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui GoTagihan

Layanan Kesehatan Pada Faskes Pertama

Sementara itu, layanan kesehatan pada faskes pertama pun terbatas dan tidak seperti pelayanan pada rumah sakit atau faskes tingkat lanjutan. Yakni hanya pemeriksaan non spesialistik saja. Adapun layanan kesehatan yang termasuk dalamnya adalah:

  • Administrasi pelayanan.
  • Pelayanan promotif dan preventif, meliputi penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana, skrining riwayat kesehatan dan pelayanan penapisan atau skrining kesehatan tertentu dan peningkatan kesehatan bagi penderita penyakit kronis.
  • Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis.
  • Tindakan medis non spesialistik baik itu operatif ataupun non operatif.
  • Pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai.
  • Pemeriksaan penunjang laboratorium diagnostik tingkat pertama.
  • Rawat inap tingkat pertama sesuai dengan indikasi medis.

Akhir Kata

Itulah fasilitas dan layanan kesehatan pada faskes tingkat pertama yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.