Fitur dan Manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan

Fitur dan Manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan

Diposting pada

InfoBPJS.idFitur dan Manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan – Selain JKN Mobile, BPJS Kesehatan juga menyediakan aplikasi online lainnya seperti Chika atau Chat Assistant JKN dan e-Dabu BPJS Kesehatan. Nah, kali ini kita akan membahas salah satunya, yakni e-Dabu BPJS Kesehatan, khususnya untuk fitur dan manfaatnya. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini agar kamu tidak penasaran.

Apa itu e-Dabu BPJS Kesehatan?

E-Dabu BPJS Kesehatan merupakan singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha yang berfungsi untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola BPJS Kesehatan pada karyawannya. Dengan aplikasi e-Dabu, pengguna atau pemilik badan usaha bisa dengan mudah memasukkan data karyawannya atau calon peserta secara online. Mulai dari data peserta, perubahan data, laporan tagihan untuk setiap pegawai hingga pengaturan fasilitas kesehatan bisa diatur menggunakan e-Dabu.

Dengan kemudahan tersebut tentu pemilik badan usaha tidak perlu lagi mengantri untuk mendaftarkan para karyawannya di kantor BPJS Kesehatan. Dan untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya, aplikasi ini sudah mengalami pembaharuan versi.

Fitur – Fitur yang Tersedia

Adapun beberapa fitur yang tersedia dan bisa kita nikmati pada aplikasi e-Dabu BPJS Kesehatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Upload Data Massal, dengan fitur ini pengguna bisa mengupload data anggota BPJS dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dan fitur ini bertujuan untuk mempermudah pemilik usaha saat mengurus keperluan dari kepesertaan para karyawannya.
  2. Cek Status Data, dengan fitur ini pemilik usaha bisa lebih mudah memastikan keanggotaan BPJS karyawannya.
  3. Laporan Iuran, fitur ini bisa membantu pengguna dalam melihat jumlah iuran yang sudah ataupun perlu dibayarkan.
  4. Cek Nomor Kepesertaan, ini berfungsi untuk mengecek nomor kepesertaan BPJS Kesehatan para pemilik usaha.
  5. Approval, dengan fitur ini pengguna bisa menyetujui atau meng-approve data peserta BPJS baru secara online sehingga tak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurusnya.
  6. Tambah & Edit, ini berfungsi untuk menambah atau mengedit informasi misalnya jika ada penambahan anggota keluarga.
  7. Cetak Kartu BPJS, pengguna bisa mencetak kartu BPJS milik karyawannya dengan menggunakan fitur ini. Dan tentunya ini akan jauh lebih praktis daripada ke kantor BPJS Kesehatan untuk mencetaknya.
READ  Rincian Biaya Iuran Peserta Bpjs Kesehatan 2021

Manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan

Dengan dukungan fitur – fitur canggihnya, aplikasi ini memiliki manfaat dalam membantu para pemilik usaha atau HRD yang memiliki banyak karyawan. Selain itu, pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan pun menjadi lebih efektif dan praktis. Dan pastinya aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan perusahaan dalam memperhatikan kesejahteraan para karyawannya.

Itulah ulasan mengenai fitur dan manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan. Semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.