Fungsi dan Cara Mengajukan VClaim BPJS Kesehatan

Fungsi dan Cara Mengajukan VClaim BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Mungkin masih banyak yang belum tahu atau bahkan baru tahu bahwa BPJS memiliki fitur VClaim atau Virtual VClaim. Fitur ini bisa memudahkan pengajuan klaim BPJS oleh rumah sakit atau faskes II. Lalu, apa perbedaannya dengan klaim biasa? Dan bagaimana cara mengajukannya? Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini yang akan membahas fungsi dan cara mengajukan VClaim BPJS Kesehatan.

Apa Itu VClaim BPJS Kesehatan?

VClaim BPJS Kesehatan merupakan aplikasi berbasis web milik BPJS Kesehatan yang memiliki tugas untuk bisa memudahkan staf rumah sakit dalam membuat SEP atau Surat Eligibilitas Peserta BPJS. SEP ini digunakan untuk menunjukkan kesesuaian peserta BPJS yang dijamin JKN-KIS. Sehingga, dengan SEP inilah pihak rumah sakit bisa mengajukan klaim ke BPJS.

Dengan VClaim, proses pengajuan klaim akan lebih mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu melakukan input data peserta ke aplikasi dan menunggu verifikasi data oleh BPJS Kesehatan. Nantinya rumah sakit akan menerima persetujuan klaim dan pembayaran pun sudah dapat dilakukan.

Fungsi VClaim BPJS Kesehatan

Layanan kesehatan yang bersifat darurat tentu membutuhkan penanganan segera, misalnya saat terjadi kecelakaan yang mana peserta BPJS Kesehatan bisa mendatangi IGD rumah sakit terdekat dengan hanya menunjukkan kartu BPJS miliknya. Selanjutnya, staf rumah sakit hanya perlu memasukkan data pasien melalui aplikasi VClaim untuk mengecek kepesertaan pasien, apakah masih aktif atau tidak. Jika masih aktif, maka SEP laka lantas akan dibuat dan rumah sakit bisa langsung mengajukan klaim melalui VClaim.

BACA  Cara Mendapatkan Nomor PANDAWA BPJS Kesehatan

Namun perlu diingat, bahwa apabila tidak darurat maka peserta BPJS tidak bisa langsung ke rumah sakit. Peserta harus mengikuti prosedur yang berlaku dengan melakukan pemeriksaan awal di faskes tingkat pertama. Dan apabila memang diperlukan tindakan lebih lanjut, maka faskes tingkat pertama akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit atau faskes tingkat lanjutan.

Cara Mengajukan VClaim BPJS Kesehatan

Dengan adanya VClaim, proses pengajuan klaim menjadi lebih mudah, dimana rumah sakit yang terdaftar pada BPJS Kesehatan bisa segera membuat SEP melalui aplikasi ini. Dan untuk bisa melakukannya, diperlukan juga data lengkap pasien peserta BPJS termasuk nama peserta, nomor BPJS dan jenis kepesertaannya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut cara mengajukan VClaim BPJS Kesehatan.

1. Membuat SEP Rujukan Faskes I

Untuk membuat SEP atau Surat Eligibilitas Peserta, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yakni.

  • Akses VClaim pada laman resmi BPJS Kesehatan atau bisa juga melalui aplikasi Virtual Claim BPJS.
  • Setelah itu, login dan pilih SEP lalu pilih menu Pembuatan SEP.
  • Selanjutnya pilih Rujukan dan masukkan tanggal SEP.
  • Klik Combo Box dan pilihlah lokasi asal rujukan Faskes I.
  • Masukkan nomor rujukan dan klik Cari hingga data rujukan faskes I muncul.
  • Lengkapi juga data yang diperlukan seperti asal rujukan, nama poli, tanggal rujukan dan nomor rujukan. Begitu pula dengan data kunjungan pertama, nomor telepon pasien, diagnosis dan lainnya.
  • Cek kembali agar tidak ada kesalahan data dan jika sudah benar maka klik Simpan.

2. Membuat SEP Rujukan Faskes II

Selanjutnya adalah dengan membuat SEP rujukan faskes II yang dibuat oleh petugas faskes rujukan tingkat lanjutan yaitu rumah sakit atau klinik setara rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan m adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Login VClaim melalui laman resmi BPJS Kesehatan ataupun aplikasi Virtual Claim.
  • Pilih SEP lalu pilih Pembuatan SEP dan pilih juga Rujukan.
  • Masukkan tanggal SEP dan klik Combo Box untuk selanjutnya memilih lokasi asal rujukan Faskes I.
  • Lanjut dengan memasukkan nomor rujukan dan klik Cari hingga data rujukan muncul.
  • Masukkan semua data yang relevan dengan kunjungan pertama.
  • Masukkan juga nomor Surat Kontrol untuk pasien rawat lanjutan beserta informasi DJPJ atau Dokter Penanggung Jawab Pelayanan.
  • Cek kembali agar tidak ada kesalahan data dan jika sudah benar maka klik Simpan.
BACA  Cara Menggunakan Fitur Konsultasi Dokter Aplikasi Jkn Mobile

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai fungsi dan cara mengajukan VClaim BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin