HFIS BPJS Kesehatan, Manfaat dan Cara Menggunakannya

HFIS BPJS Kesehatan, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Diposting pada

InfoBPJS.idHFIS BPJS Kesehatan, Manfaat dan Cara Menggunakannya. Apakah kamu sudah pernah dengar istilah HFIS BPJS? Jika kamu belum tahu atau belum mengenal apa itu HFIS BPJS, silahkan baca artikel ini hingga selesai. Karena postingan ini akan membahas lengkap tentang manfaat HFIS BPJS dan cara menggunakannya.

Apa Itu HFIS BPJS Kesehatan?

Healt Facilities Information System (HFIS) BPJS Kesehtan merupakan aplikasi yang berbentuk sebuah situs untuk memantau fasilitas kesehatan yang tersedia untuk pengguna BPJS Kesehatan. Dengan menggunakan HFIS BPJS Kesehatan, kamu dapat mencari kamar rawat inap yang terdaftar pada BPJS Kesehatan.

Seperti yang telah kita ketahui saat ini, bahwa ketersediaan kamar pada rumah sakit menjadi salah satu yang banyak pengguna BPJS keluhkan. Bahkan tidak hanya pada pengguna BPJS Kesehatan, HFIS dapat juga berguna bagi pengelola fasilitas kesehatan.

Sebagai contoh pengelola fasilitas kesehatan dapat melaporkan ketersediaan kamar untuk pasien BPJS. Dengan begitu petugas kesehatan juga dapat dengan mudah memberikan rujukan kepada pasien ke rumah sakit demi mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Data yang Dapat Diakses Menggunakan HFIS BPJS

Cara paling mudah untuk mengakses HFIS BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan situs Aplicares. Berikut data – data yang akan kamu peroleh dengan menggunakan HFIS BPJS.

  • Mendapatkan informasi ketersediaan tempat tidur terhadap masing – masing kelas dan menurut jenis kelamin, serta informasi mengenai total kapasitas ruang.
  • Jenis pelayanan fasilitas kesehatan.
  • Sarana fasilitas kesehtan.
BACA  Iuran BPJS Kesehatan Terkini

Manfaat Menggunakan HFIS BPJS

Dengan menggunakan HFIS BPJS tidak hanya memudahkan administrasi rumaha sakit, tetapi juga akan memberikan kemudahan terhadap masyarakat pada saat mencari fasilitas kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari HFIS BPJS.

  • Menpercepat proses rujukan kepada pasien pada saat situasi mendesak.
  • Memberikan kemudahan kepada pasien untuk memperoleh informasi terhadap rumah sakit dengan penyelenggara BPJS. Seperti ketersediaan kamar, mencari dokter yang sesuai dengan keluhan penyakit dan mencari fasilitas kesehatan yang mumpuni berdasarkan kondisi.
  • Memungkinkan koordinasi secara efektif dan efisien antara pihak administrasi rumah sakit dengan pihak fasilitas kesehatan dalam pembagian kamar atau lainnya.

Cara Menggunakan HFIS BPJS Bagi Peserta

Untuk menggunakan HFIS bagi peserta atau pasien, cara pengisian HFIS yaitu dengan cara sebagai berikut.

1. Menggunakan Aplicares

Kamu dapat mengakses layanan ini menggunakan aplikasi Aplicares. Berikut cara yang bisa kamu ikuti.

  • Langkah pertama buka situs Aplicares, kamu tidak perlu login terlebih dahulu sebab data dari layanan ini dapat kamu akses secara terbuka.
  • Kemudian kamu pilih asal provinsi dan jenis faskes yang kamu butuhkan, contohnya (puskesmas, rumah sakit, klinik dan lain – lain).
  • Setelah itu klik “Cari” untuk melihat daftar fasilitas kesehatan.
  • Apabila sudah memiliki tujuan rumah sakit, kamu bisa gunakan fitur pencarian menurut nama faskes tersebut.

2. Menggunakan P-Care

Kamu juga bisa mengakses HFIS BPJS Kesehatan melalui aplikasi P-Care yang bisa kamu downlaod pada Google Play Store. Jika sudah melakukan instalasi, kamu dapat login dahulu dengan menggunakan akun BPJS milikmu. Dengan P-Care kamu juga mendapat layanan E-claim yaitu kamu dapat mengklaim alat – alat kesehatan seperti kacamata, kruk, hearing dan sebagainya.

BACA  Cara Mencicil Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai HFIS BPJS  yang akan membantu dan mempermudah kamu dalam memantau ketersediaan faskes dengan cepat. Selamat mencoba.