Keuntungan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Keuntungan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Diposting pada

InfoBPJS.idKeuntungan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online. BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan perbaikan sistem dengan tujuan untuk memudahkan pesertanya saat memiliki keperluan di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya dengan menyediakan klaim saldo JHT secara online. Selain itu bisa dilakukan dari rumah, ternyata masih banyak keuntungan lainnya jika kita klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ulasan selengkapnya.

Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kita berhak untuk melakukan klaim saldo JHT setelah berhenti atau keluar dari pekerjaan. Untuk melakukan klaim pun cukup mudah bisa langsung ke kantor BPJS TK terdekat, dengan mengajukan permohonan pencairan secara online menggunakan layanan E-klaim JHT atau bisa juga dengan proses pencairan di bank tertentu yang memiliki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebenarnya dari ketiga cara tersebut ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi yang paling sering digunakan saat ini adalah cara online. Sebab selain prosesnya yang mudah, peserta juga bisa melakukannya dari rumah. Bahkan selain itu, ada lagi keuntungan lainnya dari klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Beberapa Keuntungan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Seperti yang telah kita sebutkan bahwa dari setiap cara yang ada untuk melakukan klaim saldo JHT BPJS, memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dan kali ini ada beberapa keuntungan klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online:

BACA  Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM Mandiri

1. Dapat Diajukan Dari Rumah

Seperti yang kita tahu bahwa hanya dengan menggunakan komputer, laptop ataupun HP yang terhubung dengan koneksi internet stabil maka kita sudah bisa mengajukan pencairan JHT secara online melalui layanan e-Klaim hanya dari rumah tanpa perlu ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cukup buka website BPJS Ketenagakerjaan lalu login menggunakan akun sendiri dan ikuti instruksi yang ada untuk mengajukan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

2. Berkas Bisa Difoto Dengan Kamera HP

Jika kita tidak memiliki alat scanner untuk scan berkas yang kita butuhkan dalam mengajukan pencairan saldo JHT, kita bisa menggunakan kamera HP untuk memotonya. Hanya saja pastikan hasil foto jelas dengan ukuran minimal 100KB dan maksimal 1,8MB. Bahkan kini sudah ada aplikasi CamScanner yang bisa membuat hasil foto lebih bagus.

3. Bebas Antrian Panjang

Kelebihan lainnya adalah kita tak perlu lagi mengantri berlama-lama seperti peserta yang mengurus klaim tanpa cara online. Datang dari pagi bahkan hampir zuhur baru mendapatkan giliran. Dengan menggunakan cara online maka kita akan mendapatkan nomor khusus antrian pencairan online. Sehingga waktu tunggu pun tak akan lama bahkan ada yang baru datang langsung proses.

4. Proses Pencairan Lebih Cepat

Karena tak perlu mengantri lama, berkas yang lengkap dan tidak mengisi data lainnya karena sudah mengirimkan scan berkas maka prosesnya pun akan lebih cepat.

5. Tak Perlu Khawatirkan Calo Pencairan Jamsostek

Bahkan dengan menggunakan cara online kita juga tak perlu mengkhawatirkan adanya calo karena kita tak bertemu dengan mereka. Sejatinya dengan cara online kita hanya datang saat proses terakhir, yakni pemeriksaan data lalu menunggu uang ditransfer ke rekening. Jadi tak membutuhkan calo yang meminta imbalan besar.

BACA  SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Ini Fitur dan Cara Daftarnya

Akhir Kata

Itulah beberapa keuntungan klaim saldo JHT BPJS secara online. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.