Keuntungan Klaim Saldo JHT Secara Online yang Jarang Diketahui

Keuntungan Klaim Saldo JHT Secara Online yang Jarang Diketahui

InfoBPJS.idKeuntungan Klaim Saldo JHT Secara Online yang Jarang Diketahui. Untuk memudahkan pesertanya, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan perbaikan sistem. Jika dulunya peserta harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung untuk melakukan klaim saldo JHT, kini tak perlu lagi karena proses klaim saldo JHT sudah bisa dilakukan secara online.

Sebenarnya ada 3 cara yang bisa peserta lakukan dalam proses klaim saldo JHT. Yakni mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, melalui layanan E-Klaim JHT dan juga melalui bank yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dan ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kali ini kita akan membahas keuntungan klaim saldo JHT secara online yang jarang orang ketahui. Mari silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Beberapa Keuntungan Klaim Saldo JHT Secara Online yang Jarang Diketahui

Sebenarnya masih banyak sekali peserta yang melakukan pencairan saldo JHT secara langsung dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, padahal pihak BPJS Ketenagakerjaan sendiri sudah menyarankan untuk mencairkan saldo JHT melakukan proses permohonan secara online. Hal ini karena adanya beberapa keuntungan yang bisa peserta dapatkan, antaranya:

1. Bisa Dilakukan Dari Rumah

Pengajuan pencairan saldo JHT bisa peserta lakukan secara online melalui layanan E-Klaim dan tentunya peserta bisa melakukannya dari rumah. Hanya bermodalkan komputer atau laptop serta akses internet, peserta bisa klaim saldo JHT tanpa perlu ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan berlama-lama mengantri.

Caranya cukup buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan, login menggunakan akun peserta lalu pilih menu E-Klaim, isi data kepesertaan dan data kependudukan, kemudian masukkan berkas persyaratan dan kirim. Apabila semua berkas yang sudah lengkap, maka nantinya akan ada undangan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk menyerahkan berkas aslinya. Dengan begitu, peserta hanya tinggal menunggu saldo JHT yang cair masuk ke rekening bank yang tercantum.

BACA  Cara Mudah Cari Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

2. Bisa Menggunakan Kamera HP Untuk Memoto Berkas

Jika merasa kesulitan saat melakukan scan berkas karena tidak memiliki alat scanner, maka peserta juga bisa memoto berkas menggunakan kamera HP asalkan hasilnya jelas dengan ukuran minimal 100kb dan maksimal 1,8kb.

3. Proses Lebih Singkat

Keuntungan lainnya yakni lebih singkatnya proses atau tahapan yang harus di lewat. Tak perlu berebut dalam mendapatkan nomor antrian, ceklis kelengkapan berkas dan mengisi data lainnya karena kita sudah mengirimkan berkas secara online.

Akhir Kata

Itulah beberapa keuntungan klaim saldo JHT secara online yang jarang orang ketahui khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga dengan ini bisa menjadi tambahan informasi untuk kamu yang ingin melakukan klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

You May Also Like

About the Author: admin