Kini Mengurus BPJS Kesehatan Jadi Lebih Mudah Dengan PANDAWA

InfoBPJS.id Kini Mengurus BPJS Kesehatan Jadi Lebih Mudah Dengan PANDAWA. Apa kamu sudah tahu jika BPJS Kesehatan telah memiliki layanan digital yang bisa membuat pengurusan administrasinya menjadi lebih mudah? Jika belum maka kamu patut berbahagia, karena postingan kali ini akan membahasnya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Layanan Digital BPJS

Seiring berjalannya waktu, layanan digital saat ini semakin terus meluas, tak terkecuali dengan BPJS Kesehatan yang juga ikut menggunakannya. Ya, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan layanan digital untuk para pesertanya, sehingga dengan begitu peserta bisa lebih mudah dalam mengakses pelayanannya.

Layanan tersebut sekaligus membantu masyarakat di tengah pandemi saat ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa pemerintah menetapkan bagi seluruh masyarakatnya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan apapun. Pemerintah berharap dengan masyarakat yang selalu mengenakan masker dan jaga jarak bisa membantu untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA)

Yakni PANDAWA atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp yang merupakan layanan digital BPJS Kesehatan untuk peserta dari program JKN-KIS atau Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. Dengan layanan ini, peserta bisa lebih mudah dan tidak perlu lagi ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk pengurusan terkait kepesertaan JKN KIS.

Dikatakan mudah karena peserta hanya perlu menggunakan aplikasi Whatsapp untuk mendapatkan layanan administrasi seperti daftar baru, menambahkan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, pendaftaran bayi baru lahir, ubah data identitas, data golongan dan gaji, ubah FKTP, perbaikan data ganda, penonaktifan peserta yang meninggal hingga pengaktifan kembali kartu.

BACA  Lowongan Kerja BPJS Ketenagakerjaan, Ini Posisi dan Syaratnya

Cara Mengakses PANDAWA

Adapun cara untuk mengakses atau menggunakan layanan ini yakni dengan menggunakan aplikasi Whatsapp yang biasa kita gunakan. Dan mengirimkan pesan dengan format nama pelapor, nama peserta yang hendak melakukan pelayanan administrasi, nomor kartu JKN atau KTP, nomor HP dan kode klasifikasi layanan. Setelah itu barulah kirim ke petugas melalui nomor PANDAWA yang biasanya berbeda untuk setiap masing – masing wilayah.

Kesimpulan

Kini Mengurus BPJS Kesehatan Jadi Lebih Mudah Dengan PANDAWA. Adanya PANDAWA ini membuat peserta menjadi lebih mudah dan teringankan khususnya dalam pengurusan administrasi. Karena selain itu, akses pelayanan kepesertaan JKN KIS ini mampu meminimalisir aktivitas di luar rumah saat ini.