Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil

InfoBPJS.id – Sebagai salah satu fasilitas publik yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan menanggung sebagian besar layanan kesehatan yang bisa diakses oleh semua orang, termasuk untuk ibu hamil. Dan kali ini, kita akan membagikan informasi terkait layanan BPJS Kesehatan untuk ibu hamil. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Daftar Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Umumnya, manfaat BPJS Kesehatan bisa dirasakan pula oleh ibu hamil dan berikut ini adalah daftar layanan BPJS Kesehatan yang bisa didapatkan oleh ibu hamil.

1. Proses Pemeriksaan Kehamilan

BPJS Kesehatan hanya akan menanggung semua biaya jika proses pemeriksaan selama masa kehamilan, persalinan hingga pasca persalinan dan dilakukan sesuai ketentuan yakni memulai secara berjenjang pada FKTP atau Fasiy Kesehatan Tingkat Pertama. Apabila dibutuhkan untuk dilanjutkan ke FKRTL atay Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

2. Pemeriksaan Antenatal Care

Layanan pemeriksaan pada ibu hamil juga menggunakan sistem rujukan berjenjang, dimulai dari FKTP lalu dirujuk ke rumah sakit apabila fasilitas di FKTP tidak memadai. Pemeriksaan pra persalinan atau Antenatal Care di FKTP akan dilakukan setiap trimester sesuai dengan rekomendasi dokter atau bidan. Ibu hamil juga bisa memeriksakan kandungan apabila diperlukan sewaktu-waktu.

3. Layanan Selama Masa Kehamilan, Masa Nifas dan Pasca Melahirkan

Dengan layanan BPJS, ibu hamil juga bisa mendapatkan pemeriksaan selama masa kehamilan, masa nifas, hingga pasca melahirkan. Sehingga bisa mencegah risiko kematian bayi dan kematian ibu saat dan setelah melahirkan. Untuk biaya pemeriksaan kehamilan atau Antenatal Care yang ditanggung BPJS Kesehatan sebanyak tiga kali, yakni pada satu kali trimester 1, satu kali pada trimester 2 dan dua kali pada trimester 3.

BACA  Cek Data BPJS Kesehatan Apakah Bocor Atau Tidak Dengan Cara Ini

4. USG dan Layanan Persalinan

Ibu hamil juga bisa mendapatkan layanan USG dengan BPJS. Namun meski demikian, tak semua USG dibiayai BPJS karena layanan yang ditanggung BPJS hanyalah USG yang dianjurkan oleh bidan atau dokter. Sementara untuk persalinan ibu hamil bisa dilakukan di Puskesmas atau klinik yang sama dengan tempat memeriksakan kehamilan. Namun jika tak memungkinkan, maka ibu hamil bisa melahirkan di rumah sakit setelah mendapatkan rujukan dari bidan ataupun dokter.

5. Layanan Pasca Melahirkan

Sementara untuk layanan pasca melahirkan dari BPJS Kesehatan adalah PNC atau neonatus sesuai standar dalam dua kali kunjungan serta layanan tindakan pasca persalinan di Puskesmas PONED.

Akhir Kata

Itulah beberapa  layanan BPJS untuk ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi baru bagi ibu hamil.

You May Also Like

About the Author: admin