Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Diakses Melalui Mobile JKN

Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Diakses Melalui Mobile JKN

InfoBPJS.id – Bagi peserta BPJS Kesehatan, sudah seharusnya tahu bahwa ada aplikasi Mobile JKN yang bisa mempermudah dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk membantu layanan kesehatan masyarakat. Dengan Mobile JKN, pemerintah memudahkan para peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Tak hanya itu, Mobile JKN yang telah dijalankan pemerintah sejak tahun 2017 lalu juga selalu melakukan beberapa update hingga saat ini yang memberikan beberapa layanan terbaru. Apa saja layanan terbaru tersebut? Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan mengenai layanan BPJS Kesehatan yang bisa diakses melalui Mobile JKN berikut ini.

11 Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Diakses Melalui Mobile JKN

Setidaknya ada 11 layanan BPJS Kesehatan yang bisa diakses melalui Mobile JKN, diantaranya adalah.

1. Info Program JKN

Dalam fitur ini ada enak informasi yang bisa didapatkan, yakni.

  • Persyaratan pendaftaran peserta
  • Hak dan kewajiban peserta
  • Informasi sanksi dari segala bentuk pelanggaran yang bisa dilihat secara praktis dan lengkap, fasilitas, hingga manfaat program JKN.
  • Informasi cara pembayaran premi BPJS Kesehatan
  • Informasi metode pembayaran premi BPJS Kesehatan.

2. Info Peserta

Dalam fitur ini ada informasi nomor peserta, fasilitas kesehatan tingkat pertama pilihan peserta dan status kepesertaan.

3. Penambahan Peserta

Menyajikan informasi penambahan kepesertaan JKN dengan menggunakan menu Penambahan Peserta.

BACA  Cara Mendapatkan Nomor PANDAWA BPJS Kesehatan

4. Pendaftaran Pelayanan (Antrean)

Fitur ini memberikan informasi pendaftaran diri pada layanan FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan fasilitas kesehatan rujukan. Dengan Mobile JKN, peserta tak perlu mengantre lama untuk mendaftar di faskes.

5. Info Riwayat Pelayanan

Peserta juga bisa mengakses riwayat layanan kesehatan yang telah dijalani melalui fitur Info Riwayat Pelayanan, seperti diagnosis penyakit, keluhan kesehatan serta jenis obat dan terapi.

6. Info Lokasi Faskes

Peserta yang ingin memindahkan FKTP juga bisa mencari informasi terkait faskes yang tersedia dengan fitur Info Lokasi Faskes, baik itu puskemas, apotek, klinik pratama, laboratorium, optik, dokter gigi, dokter umum, PMI dan rumah sakit.

7. Info Ketersediaan Tempat Tidur

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bisa memberikan informasi rawat inap melalui menu Info Ketersediaan Tempat Tidur.

8. Info Iuran

Fitur ini diberikan agar peserta bisa melakukan pengecekkan tagihan BPJS Kesehatan sesuai dengan channel autodebit bank dan e-money serta riwayat pembayaran iuran dan denda.

9. Info Riwayat Pembayaran

Fitur ini berperan untuk memberikan informasi terkait riwayat pembayaran iuran dan denda yang pernah ditangguhkan terhadap peserta.

10. Info Jadwal Tindakan Operasi

Peserta juga bisa mengetahui jadwal operasi berdasarkan nama yang tercantum pada aplikasi Mobile JKN ini.

11. Info Virtual Account

BPJS Kesehatan telah memberikan layanan nomor virtual account keluarga untuk membuka aplikasi Mobile JKN yang diperlukan saat peserta melakukan pembayaran iuran secara manual melalui bank ataupun mesin ATM.

Akhir Kata

Itulah layanan BPJS Kesehatan yang bisa diakses melalui Mobile JKN. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang bimbang untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN.

You May Also Like

About the Author: admin