Layanan KB di Bidan yang Ditanggung BPJS

Layanan KB di Bidan yang Ditanggung BPJS

InfoBPJS.idLayanan KB di Bidan yang Ditanggung BPJS. Banyak sekali keuntungan menjadi peserta BPJS, selain bisa mendapatkan layanan pemeriksaan hingga pengobatan secara gratis, BPJS juga menanggung layanan kesehatan lainnya, seperti layanan KB di bidan. Apa saja layanan KB yang ditanggung BPJS? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Layanan KB yang Ditanggung BPJS

KB atau Keluarga Berencana merupakan program pembatasan jumlah anak, yaitu dua anak untuk setiap keluarga. Program ini juga memiliki slogan “Dua Anak Lebih Baik”. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum paham dengan program ini dan mengira untuk mendapatkan layanan KB haruslah mengeluarkan biaya. Padahal, masyarakat bisa mendapatkan layanan KB di bidan terdekat tanpa dipungut biaya apapun.

Dengan menjadi peserta BPJS, masyarakat bisa mendapatkan layanan KB di bidan terdekat tanpa perlu membayar alias gratis. Tentunya tak ada alasan lagi untuk mengikuti program KB guna membatasi jumlah kelahiran dan menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Layanan  KB di Bidan yang Ditanggung BPJS

Adapun layanan KB di bidan yang ditanggung BPJS adalah sebagai berikut ini:

1. KB Vasektomi dan Tubektomi

Layanan KB ini menjadi salah satu dari beberapa layanan KB yang ditanggung BPJS. Vasektomi merupakan pencegahan kehamilan dengan memutuskan saluran sperma pada reproduksi pria, sedangkan tubektomi adalah pencegahan kehamilan dengan pemutusan saluran indung telur sehingga sperma tidak bisa mencapai dinding rahim. Keduanya bisa menjadi upaya dalam pencegahan kehamilan permanen atau berjangka panjang. Jadi, jika kamu ingin memilih jenis KB ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mempertimbangkan dengan matang.

BACA  Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan Untuk Program Vaksinasi Covid-19

2. KB Spiral atau IUD

IUD (Intrauterine Device) atau KB spiral merupakan alat kontrasepsi berbentuk spiral atau berbentuk huruf T. KB jenis ini nantinya akan dimasukkan ke dalam rajin dan untuk pemasangan KB spiral atau IUD juga ditanggung oleh BPJS. Begitu pula untuk pelepasan dan kontrol IUD juga ditanggung oleh BPJS. Adapun merek IUD yang ditanggung BPJS adalah Nova T dan Coper T.

3. KB Suntik

Pada KB jenis ini biasanya yang paling banyak peserta pilih dan juga BPJS tanggung. KB suntik sendiri merupakan alat kontrasepsi hormonal yang disuntikkan ke dalam tubuh dengan tujuan menghentikan ovulasi. KB ini biasanya disuntikkan dalam jangka waktu tertentu dan BPJS menanggung biaya KB suntik yang berdurasi suntik per tiga bulan sekali.

4. Konsultasi dan Pemasangan KB

Layanan yang terakhir adalah konsultasi dan pemasangan KB. Peserta bisa melakukan konsultasi dengan bidan sebelum memasang KB. Dengan konsultasi tersebut, peserta bisa mendapatkan informasi terkait manfaat yang akan pasien peroleh serta efek samping yang akan terjadi.

Akhir Kata

Itulah beberapa layanan KB pada Bidan yang BPJS tanggung. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin