Manfaat BPJS Kesehatan Untuk Masyarakat

InfoBPJS.id – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, sudah seharusnya kita mengetahui manfaat dan kegunaannya. Jangan sampai kita tidak tahu dan akhirnya kepesertaan kita pun menjadi sia – sia tanpa menikmati keuntungannya. Oleh sebab itu, untuk menambah informasi bagi kamu yang merupakan peserta BPJS, maka kali ini kita akan membahas manfaat BPJS Kesehatan untuk masyarakat. Berikut ulasan selengkapnya yahg patut untuk disimak.

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

Untuk menanggung masalah sosial masyarakat Indonesia khususnya pada bidang kesehatan, pemerintah pun membuat BPJS Kesehatan. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini juga  merupakan salah satu asuransi yang menanggung masalah kesehatan bagi setiap anggotanya seumur hidup.

Meski peserta harus membayar premi untuk setiap bulannya yang terbilang murah jika kita bandingkan dengan asuransi swasta, BPJS Kesehatan memiliki banyak manfaat yang bisa nikmati langsung oleh pesertanya. Salah satunya adalah kemudahan pelayanan kesehatan baik pada puskesmas ataupun rumah sakit tempat peserta melakukan pengobatan medis.

Manfaatkan BPJS Kesehatan Untuk Masyarakat

Selain mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas ataupun rumah sakit, peserta juga bisa mendapatkan fasilitas rawat inap. Untuk lebih rincinya lagi, berikut beberapa manfaat BPJS Kesehatan yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang menjadi pesertanya, antara lain adalah.

1. Premi Yang Diberikan Lebih Murah dari Asuransi Swasta

Jika kamu belum pernah menggunakan asuransi swasta maka kamu perlu tahu bahwa premi BPJS Kesehatan lebih murah sari asuransi swasta lainnya. Namun meski demikian, layanan yang diberikan pun tidak murahan dan sesuai dengan kelas yang ditentukan.

BACA  Manfaat Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

2. Berlaku Seumur Hidup

Masyarakat yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan jaminan kesehatan seumur hidup. Sehingga meski dengan premi yang murah, BPJS Kesehatan menjadi satu -satunya asuransi yang menjamin pesertanya seumur hidup.

3. Mudah dalam Mendapatkan Pelayanan Saat Berobat

Peserta BPJS Kesehatan yang mengalami penyakit dan berobat ke faskes BPJS pun akan melayani dengan baik oleh petugas baik rumah sakit maupun puskesmas. Apabila setelah melakukan pemeriksaan ternyata penyakit peserta tergolong aman maka akan diberikan obat, namun apabila peserta mengalami penyakit yang membutuhkan perawatan lebih maka peserta harus rawat inap di rumah sakit atau puskesmas tersebut.

4. BPJS Kesehatan Menanggung Semua Penyakit

Peserta yang mengalami sakit atau menderita penyakit tertentu pun tidak perlu khawatir sebab BPJS Kesehatan menanggung semua  jenis penyakit selain yang berhubungan dengan alternatif, infertilitas, estetika dan komplementer.

5. Berprinsip Gotong Royong

Yang terakhir adalah prinsip gotong royong. Ya, BPJS Kesehatan memberikan bantuan untuk peserta yang sakit tanpa melihat kondisi penyakit peserta sebelumnya serta tidak ada batasan penyakit karena adanya sistem gotong royong ini.

Itulah sederet manfaat BPJS Kesehatan untuk masyarakat yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua.