Manfaat dan Cara Menggunakan Lupis BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – BPJS Kesehatan terus berupaya untuk menghadirkan inovasi terbaru, salah satunya adalah Lupis BPJS Kesehatan. Tak jauh berbeda dengan HFIS, PCare ataupun JMO, Lupis BPJS Kesehatan ini merupakan layanan pendukung untuk mengetahui data yang sudah masuk ke pihak rumah sakit. Selain itu, Lupis BPJS Kesehatan juga memiliki manfaat lainnya dan untuk lebih jelasnya maka silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas manfaat dan juga cara menggunakan Lupis BPJS Kesehatan.

Pengertian dari Lupis BPJS Kesehatan

Lupis BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang bisa memudahkan setiap rumah sakit untuk input atau data atau merekam data tagihan klaim yang tidak ditanggung oleh INA-CBG. Adanya aplikasi ini tentunya lebih memudahkan pihak rumah sakit saat ada pasien yang masuk menggunakan BPJS Kesehatan.

INA-BCG sendiri merupakan singkatan dari Indonesian Case-Based Groups yang merupakan metode pembayaran BPJS Kesehatan untuk pelayanan kesehatan pada faskes lanjutan. Dan perlu diketahui bahwa faskes yang masuk dalam golongan tersebut adalah RSU atau Rumah Sakit Umum dan untuk swasta dimulai dari tipe A sampai D, beserta rumah sakit rujukan khusus. Untuk saat ini, sistem INA-BCG hanya mengcover sistem rawat inap dan rawat jalan yang terdiri dari beberapa kelompok kasus kesehatan.

Manfaat dari Lupis BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui apa itu Lupis BPJS Kesehatan, kita juga perlu mengetahui manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini, antaranya adalah:

  • Mengetahui data rekam seperti pembayaran, paket serta obat-obatan yang pernah kita klaim.
  • Bisa mengklaim alat kesehatan sesuai dengan yang kita butuhkan, seperti kacamata, alat gerak, protesta gigi, alat bantu dengar dan lainnya.
BACA  Masa Berlaku Kartu Indonesia Sehat

Cara Menggunakan Lupis BPJS Kesehatan

Untuk menggunakan Lupis BPJS Kesehatan pun sebenarnya cukup mudah, yakni dengan cara berikut ini:

  • Langsung saja buka situs resminya di lupis.bpjs-kesehatan.go.id melalui browser yang biasa kamu gunakan.
  • Kemudian login akun dengan memasukkan username dan password, jika belum memiliki akun maka daftar terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil login, masukkan data lupis dan isi beberapa data yang kamu butuhkan. Pastikan untuk tidak salah input data.
  • Apabila semua data telah terisi maka sistem akan memproses semua data dalam bentuk file dengan formasi txt.
  • Selanjutnya ikuti perintah yang ditunjukkan oleh sistem.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan cara menggunakan Lupis BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.