Pengertian dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Pengertian dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

InfoBPJS.id Pengertian dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah. Selain BPJS Kesehatan, pemerintah juga menjalankan program BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukkan bagi para pekerja yang ada di Indonesia. Dalam program BPJS Ketenagakerjaan pun ada kategori peserta, salah satunya PU atau Penerima Upah. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai apa itu BPJS Ketenagakerjaan untuk Penerima Upah dan bagaimana cara untuk mendaftarnya, postingan kali ini akan membahasnya. Mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Dulunya, BPJS Ketenagakerjaan bernama Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang merupakan lembaga negara yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam menghadapi risiko sosial ekonomi akibat hubungan kerja. Salah satu kategori peserta didalamnya ada PU atau Penerima Upah. Pekerja dalam kategori Penerima Upah merupakan setiap orang yang bekerja dengan menerima gaji, upah atau imbalan dalam bentuk lain dari pemberi kerja, termasuk juga dengan WNA yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia.

Syarat Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dalam kategori Penerima Upah, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

– Fotokopi E-KTP.

– Fotokopi Kartu Keluarga.

– NPWP

– Surat Izin Usaha dan/atau bukti sementara pengurusan izin usaha dari pihak berwenang.

– Sementara untuk pekerja asing atau WNA yang bekerja paling singkat 6 bulan, perlu melampirkan paspor sebagai data pendukung.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Penerima Upah

Penerima Upah bisa melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan cara online ataupun offline. Berikut lebih jelasnya lagi.

BACA  Cara Klaim Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Cara Online

  • Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk layanan pendaftaran peserta PU https://pom.bpjsketenagakerjaan.go.id/pu.
  • Selanjutnya pilih Pendaftaran Peserta dan pilih Penerima Upah.
  • Masukkan juga alamat email beserta kode captcha lalu klik Daftar.
  • Setelah itu kamu bisa cek email dan klik aktivasi pendaftaran.
  • Isi data yang diminta sesuai dengan data perusahaan kamu.
  • Lakukan pembayaran setelah mendapatkan kode iuran melalui email untuk mendapatkan kartu digital.

Cara Offline

  • Datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat lalu isi formulir dokumen pendaftaran kepesertaan dengan lengkap.
  • Ambil nomor antrian dan tunggu hingga tiba giliranmu.
  • Setelah mendapatkan jumlah iuran yang harus dibayarkan, lakukan pembayaran iuran.
  • Dengan begitu kamu akan menerima sertifikat kepesertaan dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai pengertian dan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Penerima Upah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang berencana untuk melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.

You May Also Like

About the Author: admin