Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkan NPP BPJS 2021

InfoBPJS.id Cara Mendapatkan NPP BPJS 2021 – Sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan untuk mengikutsertakan semua tenaga kerja atau karyawannya dalam program BPJS, baik itu BPJS Ketenagakerjaan ataupun Kesehatan. Ini bertujuan agar adanya jaminan bagi para tenaga kerja yang ada. Pada umumnya dalam sebuah perusahaan, yang menangani urusan ini adalah HRD perusahaan.

Dan bagi kamu yang memiliki tugas dalam pengurusan BPJS karyawan, penting untuk membaca postingan kali ini kita sebab kita akan membahas mengenai pengertian, manfaat dan cara mendapatkan NPP BPJS. Berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian dan Manfaat NPP BPJS

Penting bagi sebuah perusahaan yang ingin mendaftarkan karyawannya ke dalam program BPJS untuk memiliki NPP. Sebab nantinya inilah yang menjadi syarat perusahaan tersebut bisa mendaftarkan para tenaga kerjanya. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan NPP?

Jadi, NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan yang mana nantinya akan berguna dalam berbagai macam fungsi dan kegunaan, karena tidak hanya untuk melaporkan BPJS peserta atau tenaga kerjanya tapi juga ada fungsi lainnya. Salah satunya sebagai syarat dalam melakukan prosedur pembayaran iuran setiap bulannya.

Selain itu, NPP juga berguna untuk mengakses layanan tambahan BPJS atau BPJS online, sehingga perusahaan dan para tenaga kerja pun bisa lebih mudah dalam mengontrol isi saldo BPJS. Karyawan bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan ataupun Kesehatan tanpa harus menunggu laporan dari perusahaan. Bahkan saat mendaftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan pun membutuhkan NPP agar biss mengakses BPJS online perusahaan.

Nantinya NPP juga berguna sebagai keperluan administrasi HRD yang berkaitan dengan BPJS dan programnya. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa NPP ini sangat bermanfaat dan penting untuk setiap perusahaan.

BACA  Prosedur MRI Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan

Cara Mendapatkan NPP BPJS 2021

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari NPP BPJS, maka berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan NPP BPJS perusahaan, yakni:

  • Buka terlebih dahulu laman resmi BPJS Kesehatan dan lanjutkan ke bagian “Register Badan Usaha Baru”.
  • Kemudian, baca dengan teliti syarat dan ketentuan yang ada.
  • Isi formulir yang ada sesuai data yang diminta secara lengkap dan benar.
  • Selanjutnya akan ada notifikasi aktivasi yang dikirimkan ke alamat email yang telah diisi pada formulir di langkah sebelumnya.
  • Lakukan aktivasi menggunakan link yang masuk untuk mendapatkan lampiran cetak formulir registrasi badan usaha, nomor kode badan usaha yang telah terdaftar, nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS dan hal akses aplikasi.
  • Selesai, dengan begitu kamu sudah bisa melakukan sign ini untuk melakukan pendaftaran BPJS karyawan beserta anggota keluarganya. Apabila pendaftaran pun telah berhasil maka kamu hanya perlu membayar iuran BPJS saja.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian, manfaat dan cara mendapatkan NPP BPJS 2021. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.