Pengobatan Diabetes dengan BPJS
Pengobatan Diabetes dengan BPJS

Pengobatan Diabetes dengan BPJS

Diposting pada

InfoBPJS.id – Sakit memang tidak bisa kita tolak, baik yang muda maupun yang tua pasti pernah merasakan sakit. Salah satu penyakit yang menjangkit banyak orang saat ini adalah diabetes. Penyakit yang mengganggu metabolik tubuh ini harus mendapatkan pengobatan sejak dini agar tidak berkelanjutan, bahkan jika tidak diobati akan bisa menimbulkan komplikasi hingga kematian.

Namun sayangnya, dari sekian banyaknya penderita diabetes masih banyak yang enggan untuk berobat karena masalah biaya. Padahal pemerintah telah memberikan subsidi biaya pengobatan diabetes melalui program BPJS. Berikut ulasan selengkapnya mengenai pengobatan diabetes dengan BPJS, mari disimak.

Pengobatan Diabetes dengan BPJS

Diabetes melitus merupakan salah satu gangghan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Untuk jangka panjang, kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan berbagai komplikasi pada ginjal, otak hingga organ jantung.

Dan bagi penderita diabetes, kini bisa bernafas lega karena bisa menggunakan layanan bpjs untuk pengobatan. Program yang sudah ada sejak Januari 2014 ini bertujuan agar masyarakat yang sakit bisa mendapatkan pengobatan yang layak dan tepat tanpa perlu khawatir dengan biaya pengobatan, begitu pula untuk pengobatan diabetes.

Fasilitas yang Didapatkan

Untuk peserta BPJS yang menyandang penyangkalan diabetes, ada beberapa fasilitas penanganan dari program BPJS yang bisa digunakan, diantaranya:

  • Konsultasi Dokter Umum dan Spesialis, kami bksa berkonsultasi baik dengan dokter umum pada layanan utama ataupun dokter spesialis pada fasilitas kesehatan lanjutan. Dan nantinya dokter akan memeriksa lalu menentukan kebutuhan obat dan terapi lainnya yang dibutuhkan.
  • Tanggungan Obat, mulai dari obat – obat oral hingga suntik yang masuk dalam daftar obat dan terapi dari BPJS bisa didapatkan penderita penyakit diabetes. Bahkan obat – obatan tersebut juga sudah mencakup sebagian besar obat antidiabetes serta terapi insulin.
  • Penanganan Komplikasi Diabetes, bagi penyandang diabetes yang memiliki komplikasi maka bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait dan ini juga termasuk dalam program BPJS.
BACA  Prosedur Perawatan THT Menggunakan BPJS Kesehatan

Cara Menggunakan BPJS dalam Pengobatan Diabetes

Perlu diketahui, untuk bisa menggunakan fasilitas BPJS dalam pengobatan diabetes perlu menjadi anggota BPJS terlebih dahulu. Setelah itu, barulah melakukan langkah – langkah berikut ini:

  • Datangi faskes tingkat pertama untuk pemeriksaan awal, namun apabila fasilitas tidak memadai maka bisa dirujuk ke faskes lanjutan.
  • Pada faskes lanjutan, pasien akan melakukan pemeriksaan ulang untuk lebih detail dan menentukan tahap pengobatan selanjutnya.
  • Pasien penyakit diabetes akan mendapatkan pengobatan baik rawat inap maupun rawat jalan dengan obat dan insulin jika memang dibutuhkan.

Itulah ulasan dan penejelasan yang bisa kamu manfaatkan. Semoga ulasan dan tutorial dari artikel ini bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kamu yang sedang membutuhkan.