Pengobatan Kanker Payudara Dengan BPJS Kesehatan

Pengobatan Kanker Payudara Dengan BPJS Kesehatan

InfoBPJS.idPengobatan Kanker Payudara Dengan BPJS Kesehatan. Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang perlu mendapatkan perhatian serius. Dengan melakukan deteksi dini kanker payudara bisa menurunkan risiko penyebaran, tingkat kepayahan, cacat hingga kematian. Namun, masih banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan proses skrining dikarenakan biaya pelayanan yang masih kurang terjangkau bagi banyak orang.

Kabar baiknya, melalui BPJS Kesehatan, pemerintah menanggung semua biaya yang dikeluarkan untuk deteksi penyakit ini. BPJS Kesehatan memberikan akses gratis untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, perawatan, terapi hingga konsultasi pada fasilitas kesehatan ataupun secara online. Untuk lebih jelasnya lagi, mari langsung saja simak ulasan berikut ini yang akan membahas pengobatan kanker payudara dengan BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Kanker Payudara Dengan BPJS Kesehatan

Untuk mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan bagi penderita kanker payudara, maka perlu memenuhi beberapa persyaratan yang ada, yakni.

  • Terdaftar sebagai peserta BPJS atau JKN-KIS.
  • Harus memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS aktif.
  • Tidak memiliki tunggakan iuran BPJS Kesehatan.
  • Membawa surat rujukan dari dokter faskes tingkat I.
  • Membawa kartu pasien dari rumah sakit rujukan.

Tahapan Pemeriksaan Kanker Payudara

Tahapan Pemeriksaan Kanker Payudara

Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka pasien bisa melakukan pemeriksaan penyakit kanker payudara dengan tahapan sebagai berikut.

Deteksi Dini pada Faskes Tingkat I

Pasien bisa melakukan pemeriksaan awal pada faskes tingkat I seperti klinik atau puskemas terdekat. Ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kelainan atau tanda-tanda awal kanker payudara.

BACA  Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri

Rujukan ke RSUD terdekat.

Apabila hasil pemeriksaan awal menunjukan indikasi adanya kelainan atau risiko kanker payudara, maka pasien akan dirujuk ke RSUD terdekat untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Konsultasi dan Pemeriksaan

Pasien akan menjalani konsultasi dengan dokter spesialis kanker payudara di RSUD dan dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih lanjut termasuk dengan pemeriksaan fisik, tes laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya oleh dokter.

Perawatan sesuai dengan tingkat keparahan kanker

Setelah hasil pemeriksaan diketahui, maka pasien akan menerima perawatan sesuai dengan tingkat keparahan kanker yang diderita, mulai dari terapi, operasi, kemoterapi, radioterapi ataupun kombinasi dari beberapa metode perawatan.

Demikianlah ulasan mengenai pengobatan kanker payudara dengan BPJS Kesehatan. Dengan informasi ini, semoga masyarakat lebih mudah dalam melakukan deteksi dini kanker payudara tanpa harus khawatir terkendala biaya.

You May Also Like

About the Author: admin