Penyebab dan Cara Mengatasi E Klaim BPJS Bermasalah

Penyebab dan Cara Mengatasi E Klaim BPJS Bermasalah

InfoBPJS.id – E klaim BPJS menjadi solusi untuk peserta yang ingin mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan secara praktis. Peserta tak perlu lagi mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengantri sambil membawa berbagai berkas. Sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami kendala saat melakukan pengajuan e klaim BPJS. Dan jika kamu salah satunya, maka silakan simak ulasan kali ini. Sebab kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi e klaim BPJS yang bermasalah. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab dan cara Mengatasi E Klaim BPJS Bermasalah

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi e klaim BPJS yang bermasalah, diantaranya adalah.

cara Mengatasi E Klaim BPJS Bermasalah

1. Status Peserta Tidak Aktif

Penyebab yang pertama adalah terkait status kepesertaan saat ini. Khususnya untuk kamu yang ingin melakukan pencairan dana JHT utuh 100%. Perlu diketahui bahwa pencairan dana JHT terbagi menjadi tiga, yakni 10%, 30% dan 100%. Masing-masingnya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Dimana untuk pencairan JHT 100% maka harus memenuhi kategori berikut.

  1. Sudah masuk usia pensiun, yakni 56 tahun.
  2. Mengalami cacat total.
  3. Meninggal dunia.
  4. Pindah ke luar negeri dan menetap di luar Indonesia selamanya.
  5. Terkena PHK.

Jadi, jika kamu sudah berhenti bekerja atau memenuhi persyaratan tersebut, maka seharusnya status kepesertaan kamu sudah tidak aktif. Jika masih aktif maka kamu perlu mendiskusikannya dengan HRD untuk bisa menggunakan e klaim BPJS.

2. Dokumen Kurang Lengkap

Selain itu, kelengkapan berkas yang belum terpenuhi juga bisa menjadi penyebab e klaim BPJS kamu bermasalah. Untuk pencairan JHT, kamu memerlukan Kartu Kepesertaan, KTP, KK dan surat pendukung lainnya. Jika belum lengkap, maka kamu perlu melengkapinya terlebih dahulu.

BACA  Syarat dan Cara Pinjam 25 Juta BPJS Ketenagakerjaan

3. Adanya Perbedaan Data

Jika ada perubahan data pada dokumen kamu, seperti RT/RW yang berbeda di KTP dan KK, maka artinya kamu harus segera melakukan perbaikan data. Apabila kamu sudah pindah domisili, maka sertakan pula surat keterangan pindah yang bisa kamu minta dari RT/RW kelurahan setempat.

4. Tidak Memiliki Rekening atau Buku Tabungan

Penyebab yang terakhir adalah tidak mencantumkan nomor rekening juga bisa menjadi penyebab kegagalan dalam menggunakan e klaim BPJS. BPJS telah bekerja sama dengan berbagai bank yang ada di Indonesia, sehingga jika kamu belum memiliki buku tabungan atau rekening, maka buatlah terlebih dahulu untuk bisa menggunakan e klaim BPJS.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi e klaim BPJS yang bermasalah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin