Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan Tak Terdaftar

InfoBPJS.idPenyebab dan Cara Mengatasi Nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan Tak Terdaftar. Saat ikut kepesertaan Jamsostek, peserta akan mendapatkan KJP atau Kartu Peserta Jamsostek sebagai tanda pengenalnya. Namun belakangan ini banyak yang mengeluhkan perihal nomor KJP tak terdaftar secara online ketika hendak login ke akun Jamsostek. Oleh sebab itu, postingan kali ini akan membahas penyebab dan cara mengatasi nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan yang tak terdaftar agar agar bisa menjadi solusi untuk kamu yang mengalami hal tersebut. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

KJP BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa peserta Jamsostek akan mendapatkan KJP atau Kartu Peserta Jamsostek sebagai tanda pengenal. Jamsostek sendiri kini lebih dikenal sebagai BPJS TK atau Badan Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Dan pembeda antara Jamsostek dengan BPJS TK terletak pada kartu pengenalnya yang mana untuk peserta lama masih mendapatkan KJP, sementara untuk peserta baru akan mendapatkan kartu BPJS TK dengan logo terbaru.

Akan tetapi, belakangan ini banyak peserta Jamsostek yang mengalami masalah saat hendak login ke akun Jamsostek dimana nomor KJP miliknya tak terdaftar secara online. Sehingga dengan begitu, mereka tak bisa mengakses aplikasi Jamsostek miliknya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan Tak Terdaftar

Sebenarnya penyebab nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan tak terdaftar pun bisa terjadi karena banyak faktor dan cara mengatasinya adalah berdasarkan penyebabnya. Jadi tentunya kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan tak terdaftar dan baru cari tahu cara mengatasinya.

  • Sistem Error
BACA  Prosedur Klaim JKK BPJS Ketenagakerjaan

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah adanya gangguan pada sistem atau sistem error. Biasanya ini terjadi karena banyaknya pengunjung website dan jika sudah begitu maka kita hanya perlu menunggu lalu buka kembali website beberapa waktu kemudian.

  • Telat Bayar Iuran

Selain sistem error, banyak peserta yang tak menyadari penyebab nomor KJP tak Ketenagakerjaan tak terdaftar yang satu ini, yakni telat membayar iuran. Jika kamu memahami penyebabnya tentunya kamu harus membayar iuran untuk memunculkan kembali nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan kamu.

  • Salah Memasukkan Data

Penyebab selanjutnya adalah salah memasukkan data dan ini sering kali terjadi. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek kembali data yang dimasukkan dan pastikan semua sudah benar sebelum mencoba login.

  • Pendaftaran Belum Sampai Waktunya

Penyebab yang satu ini berlaku untuk peserta yang baru saja melakukan pendaftaran. Biasanya peserta baru harus melakukan pembayaran dan menunggu selama 14 hari untuk bisa menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi nomor KJP BPJS Ketenagakerjaan yang tak terdaftar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.