Penyebab dan Cara Mengatasi Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Masyarakat Indonesia bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak dengan biaya terjangkau karena adanya BPJS Kesehatan. Syaratnya hanyalah menjadi peserta dan melakukan pembayaran iuran perbulannya. Namun ada beberapa peserta BPJS Kesehatan yang mengalami hal berbeda saat sudah melakukan pembayaran namun muncul pemberitahuan berupa penangguhan pembayaran. Lalu, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan tersebut? Nah, jika kamu sedang mengalami hal serupa maka bisa menyimak ulasan kali ini sebab kita akan membahasnya secara singkat dan padat.

Apa itu Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan?

Untuk bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan, peserta yang baru saja melakukan pendaftaran harus membayar premi pertama. Dengan cara tersebut, barulah bisa mengaktifkan status kepesertaan BPJS Kesehatan miliknya. Namun yang terjadi belakangan ini, peserta baru BPJS Kesehatan banyak yang mengeluhkan terkait masalah penangguhan pembayaran premi pertama yang menyebabkan status kepesertaan mereka belum aktif.

Saat status kepesertaan BPJS Kesehatan belum aktif maka artinya peserta tersebut belum bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Dan tentunya ini akan sangat menyulitkan mereka yang memang sedang membutuhkan layanan BPJS Kesehatan dalam pemeriksaan ataupun pengobatan.

Penyebab Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Terjadinya penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan penyebabnya terdapat beberapa faktor, antaranya adalah:

  • Belum tiba waktu pembayaran, penyebab pertama ini terjadi karena setelah peserta menerima email virtual account, peserta belum bisa melakukan pembayaran hingga nanti setelah 14 hingga 30 hari sejak tanggal email diterima.
  • Adanya gangguan sistem, penyebab yang kedua ini terjadi karena adanya bug atau gangguan pada sistem BPJS Kesehatan itu sendiri. Biasanya ini terjadi saat peserta melakukan pembayaran sesuai tanggal yang ditentukan namun status pembayaran masih ditangguhkan.
BACA  Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan

Cara Mengatasi Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui penyebab terjadinya penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan, maka berikut cara mengatasinya.

  • Tunggu hingga waktu pembayaran tiba, peserta bisa menunggu hingga waktu pembayaran tiba agar status penangguhan bisa berubah menjadi terima dan dengan begitu status kepesertaannya pun akan diaktifkan.
  • Menghubungi Call Center BPJS Kesehatan, jika kamu sudah membayar sesuai waktunya namun tetap ditangguhkan maka kamu bisa menghubungi Call Center BPJS kesehatan atau mengirim laporan masalah ke WhatsApp Pandawa sesuai dengan domisili. Nantinya petugas akan membantu proses aktivasi status pembayaran. Namun untuk cara ini kamu harus menyiapkan data seperti bukti pembayaran, nomor BPJS Kesehatan dan screenshot bukti penangguhan pembayaran. Selain itu, prosesnya akan memakan waktu sekitar 3 hingga 5 hari kerja. Jadi kamu harus menunggu hingga petugas selesai melakukan validasi data.

Akhir Kata

Itulah penyebab dan cara mengatasi penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.