Penyebab dan Solusi Gagal Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id – BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan banyak manfaat bagi para pesertanya, salah satunya dengan progam JHT atau Jaminan Hari Tua. Namun sayangnya, ada beberapa peserta yang mengalami kegagalan saat hendak melakukan klaim saldo JHT milik mereka. Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas penyebab dan solusi gagal klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Gagal Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memiliki salah satu program turunan yang bisa dicairkan setelah peserta berhenti atau keluar dari tempat bekerja. Peserta bisa mencairkan 100% saldo JHT dengan menunggu satu bulan setelah berhenti bekerja dari tempat bekerjanya. Kita juga sudah membahas cara klaim JHT online sebelumnya, jadi kamu bisa melakukan klaim dengan mudah secara online.

Untuk bisa melakukan klaim JHT, peserta juga perlu mempersiapkan syarat dokumen yang juga menjadi ketentuan wajib. Nantinya dokumen tersebut akan kamu butuhkan saat proses verifikasi sehingga proses pengajuan JHT online pun bisa berjalan dengan lancar. Untuk mengetahui besaran saldonya pun bisa kita lakukan dengan mudah melalui aplikasi BPJSTKU atau mengirimkan SMS ke nomor 2757 dengan format SALDO(spasi)NOMOR PESERTA.

Namun sayangnya, ada beberapa peserta yang mengalami kegagalan dalam proses klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya ada beberapa penyebab gagalnya klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan, sehingga kita perlu tahu terlebih dahulu untuk bisa mencari solusinya.

Penyebab dan Solusi Gagal Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab gagalnya klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan beserta solusinya, antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Data yang Dimasukkan Tidak Valid, ini penyebab yang paling banyak di alami oleh peserta. Sehingga penting untuk memastikan dokumen dan persyaratan lainnya sudah terpenuhi dan jangan sampai ada kesalahan saat memasukkannya.
  2. Lupa Mengecek Email, penting sekali untuk mengecek email secara berkala sebab jika kita tidak melihat atau mengetahui email yang masuk dari BPJS Ketenagakerjaan maka bisa menyebabkan kesulitan saat hendak melakukan klaim JHT.
  3. Melakukan Pendaftaran Saat Diluar Jam Kerja, pastikan untuk melakukan pendaftaran pada saat jam kerja yakni pukul 06.00 hingga 22.00 WIB jika kamu menggunakan lapak asik online.
BACA  SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Ini Fitur dan Cara Daftarnya

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai penyebab dan solusi gagal klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.