Penyebab dan Solusi Tak Bisa Daftar BPJS Secara Online

Penyebab dan Solusi Tak Bisa Daftar BPJS Secara Online

Diposting pada

InfoBPJS.id – Adanya BPJS Kesehatan sangatlah membantu masyarakat dalam urusan biaya pengobatan. Lebih dari 150 jenis penyakit dan juga operasi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Sehingga mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan pilihan yang tepat saat ini. Bahkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan pun sangat mudah dan bisa dilakukan secara online baik melalui aplikasi JKN Mobile ataupun Whatsapp Pandawa.

Namun sayangnya, beberapa masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran secara online mengalami kendala dan berakhir tak bisa daftar BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas penyebab dan solusi tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online. Agar kamu bisa mendapatkan tambahan petunjuk untuk melakukan langkah selanjutnya jika mengalami hal tersebut. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tak Bisa Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

BPJS Kesehatan menjamin biaya pengobatan para pasien pada Faskes yang terdaftar, asalkan pasien tersebut sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sehingga mereka yang ingin mendapatkan layanan kesehatan secara gratis pun harus mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan. Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan sudah bisa dilakukan secara online baik aplikasi JKN Mobile ataupun Whatsapp Pandawa.

Untuk calon peserta yang tak bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara online penting untuk mengetahui apa saja penyebab dan solusi agar bisa menanganinya. Dan tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari proses input kode verifikasi, NIK calon peserta hingga koneksi internet yang digunakan.

BACA  Syarat dan Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Melalui Whatsapp

Penyebab Tak Bisa Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Informasi Data Diri yang Tak Sesuai

Penyebab pertama yang mungkin saja terjadi adalah informasi data diri yang tak sesuai dengan data kependudukan yang ada di Disdukcapil. Perlu diketahui bahwa semua data peserta harus sesuai dengan data kependudukan Indonesia karena BPJS Kesehatan sendiri merupakan layanan resmi milik pemerintah.

  • NIK yang Belum Terdaftar di Dukcapil

Selanjutnya adalah NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang belum terdaftar di sistem online Dukcapil. Kamu bisa melihatnya setelah memasukkan informasi NIK, jika NIK sudah terdaftar maka seharusnya kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya. Namun jika belum, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu perlu mendaftarkan NIK ke sistem online terlebih dahulu.

  • Salah Memasukkan Kode Verifikasi

Salah saat memasukkan kode Verifikasi juga bisa jadi penyebab tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online. Sebab kode verifikasi atau kode OTP yang kamu terima melalui SMS tersebut merupakan tahap akhir untuk menyelesaikan proses registrasi BPJS secara online.

  • Koneksi Internet yang Tak Stabil

Terakhir, koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menyebabkan gagal dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online. Untuk beralih dari satu tahap ke tahap lainnya kamu bisa mengalami kendala terus menerus karena loading yang lama atau bahkan aplikasi yang tiba-tiba keluar karena koneksi internet yang tak memadai.

Solusi Tak Bisa Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Setelah mengetahui penyebab tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online, maka berikut solusi yang bisa kamu gunakan.

  • Pastikan Data Diri Telah Benar
BACA  Cara Mudah Bayar Iuran BPJS Melalui OVO

Lakukan registrasi ulang dan pastikan data yang kamu masukkan telah benar serta sesuai dengan E-KTP. Dengan begitu kamu bisa terus lanjut ke tahap selanjutnya hingga berhasil daftar BPJS Kesehatan secara online.

  • Daftarkan NIK Online ke Dukcapil

Untuk penyebab tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online karena NIK yang belum terdaftar di Dukcapil, maka kamu bisa daftarkan terlebih dahulu NIK online ke Dukcapil. Kamu bisa melihat solusi gagal daftar BPJS Kesehatan karena Nik belum online pada postingan sebelumnya untuk informasi lebih lanjut.

  • Lakukan Verifikasi Ulang

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan verifikasi ulang dengan memasukkan kode yang benar. Kamu bisa mengulanginya hingga berhasil apabila muncul notifikasi transaksi belum bisa diproses, namun pastikan kode verifikasi yang kamu masukkan sudah sesuai dan benar.

  • Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan juga kamu mengganti koneksi internet agar lebih stabil dan lancar untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara online.

  • Lakukan Regsitrasi Secara Offline

Ini solusi terakhir yang bisa kamu lakukan jika semua cara sebelumnya tak berhasil karena kemungkinan besar ada gangguan pada aplikasi JKN Mobile. Kamu bisa mengurusnya langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar BPJS Kesehatan dan nantinya akan ada petugas yang memandu kamu mulai dari tahap awal hingga akhir.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengalami penyebab dan solusi tak bisa daftar BPJS Kesehatan secara online. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk kamu yang sedang membutuhkannya