Prolanis Program BPJS Kesehatan Untuk Penderita Penyakit Kronis

Prolanis : Program BPJS Kesehatan Untuk Penderita Penyakit Kronis

Diposting pada

InfoBPJS.id – Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu program dari BPJS Kesehatan yang membantu penderita penyakit kronis, yakni Prolanis. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Prolanis?

Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis merupakan salah satu program BPJS Kesehatan yang membantu pengelolaan penyakit kronis dengan memfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin Hingg memberikan home visi ke rumah pengisap penyakit kronis oleh petugas kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup peserta JKN dari BPJS Kesehatan yang mengidap penyakit kronis dengan biaya pelayanan kesehatan yang efisien dan efektif.

Program ini berfokus pada dua penyakit kronis yakni diabetes tipe 2 dan hipertensi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengidap kedua penyakit tersebut di Indonesia. Dan penyakit – penyakit kronis menempati urutan teratas dalam menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Sehingga Prolanis pun diciptakan agar proses penanganannya bisa ilakukan dengan baik. Adapun kegiatan Prolanis ini meliputi kegiatan konsultasi medis, klub Prolanis, home visi hingga skrining kesehatan.

Manfaat Menjadi Peserta Prolanis

Dengan menjadi peserta Prolanis, akan ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti:

  • 1. Dapat berkonsultasi mengenai kesehatan secara teratur dengan dokter serra jadwal yang diatur sesuai kesepakatan bersama.
  • 2. Mendapatkan informasi valid mengenai kesehatan dalam klub Prolanis.
  • 3. Mendapatkan fasilitas home visi dari tenaga medis apabila peserta berhalangan hadir ke fasilitas kesehatan.
  • 4. Mendapatkan SMS gateaway sebagai pengingat untuk melakukan pemeriksaan rutin ke fasilitas kesehatan.

Cara Menjadi Peserta Prolanis

Untuk menjadi peserta Prolanis ini, kamu harus mengisi formulir data dari BPJS Kesehatan dan apabila telah memenuhi syarat maka petugas akan menindaklanjutinya. Dan peserta yang telah terdaftar akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada faskes tingkat pertama yang mana pemeriksaan tersebut mencakup:

  • GDP atau gula darah puasa.
  • GDPP atau gula darah 2 jam setelah makan.
  • HbA1C
  • IMT atau indeks massa tubuh.
  • Tekanan darah.
BACA  Segera Bayar Iuran Bpjs Ketenagakerjaan Layanan BCA Mobile

Apabila semua pemeriksaan dan tahapan administrasi pun selesai, maka peserta sudah berhak menerima manfaat dari program Prolanis ini.

Itulah ulasan mengenai Prolanis, program BPJS Kesehatan untuk penderita penyakit kronis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua khususnya kamu yang merupakan peserta BPJS Kesehatan.