Prosedur Berobat Gagal Ginjal Akut Anak Menggunakan BPJS

Prosedur Berobat Gagal Ginjal Akut Anak Menggunakan BPJS

InfoBPJS.id – Penyakit gagal ginjal akut pada anak sedang mewabah saat ini yang turut menjadi momok untuk para orang tua. Hingga saat ini, penyebabnya pun masih belum bisa diketahui secara pasti. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penanganannya agar bisa terselamatkan dengan segera. Dan bagi peserta BPJS pun harus tahu bahwa penyakit ini juga menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan. Adapun prosedur untuk bisa berobat gagal ginjal akut pada anak menggunakan BPJS akan kita bahas pada postingan kali ini. Mari silakan simak ulasan selengkapnya.

Gejala Penyakit Gagal Ginjal Akut Anak

Sebelumnya, para orang tua juga harus jeli pada gejala penyakit misterius ini. Apabila ada beberapa ciri atau gejala penyakit gagal ginjal akut pada anak maka segera periksakan ke dokter. Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal akut anak yang perlu anda waspadai, antaranya adalah:

  • Demam.
  • Gangguan pencernaan, seperti muntah dan diare.
  • Gangguan pernafasan, seperti batuk dan pilek.
  • Tak bisa kencing atau volume urine yang keluar sangat sedikit, kurang dari 0,5 ml/kg berat badan/jam dalam 12 hingga 12 jam.
  • Tidak kencing dalam waktu 6 hingga 8 jam pada siang hari.
  • Diare parah.
  • Kejang, sesak nafas dan kesadaran menurun.

Prosedur Berobat Gagal Ginjal Akut Anak Menggunakan BPJS

Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi dugaan awal dari penyakit ini adalah adanya infeksi adenovirus, leptospirosis serta efek obat batuk pilek yang mengandung dietilen glikon dan etilen glikol. Sementara itu, BPJS juga menjamin pesertanya yang mengidap penyakit gagal ginjal akutakut, mulai dari obat-obatan yang diperlukan, layanan cuci darah hingga transplantasi ginjal.

BACA  Cara Bayar BPJS Kesehatan Mandiri Melalui Aplikasi Ayopop

Adapun prosedur berobat gagal ginjal akut anak menggunakan BPJS adalah sebagai berikut ini:

  • Lakukan pemeriksaaan awal pada klinik atau faskes tingkat pertama yang tertera pada kartu kepesertaan BPJS anak untuk mendapatkan rujukan ke rumah sakit.
  • Namun apabila kondisi anak sudah mengkhawatirkan maka bisa langsung dibawa ke rumah sakit tanpa perlu surat rujukan.
  • Setelah itu, dokter akan memeriksakan kondisi anak dan apabila ada indikasi penyakit gagal ginjal akut maka anak akan segera mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyakitnya.

Akhir Kata

Itulah proses berobat gagal ginjal akut anak menggunakan BPJS. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin