Prosedur yang Benar Untuk Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Online

InfoBPJS.idProsedur yang Benar Untuk Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Online. Sebagian peserta BPJS beranggapan bahwa sulit untuk mendapatkan surat rujukan, padahal yang sebenarnya terjadi hanya ketidaktahuan kita mengenai prosedur yang benar saat meminta surat rujukan tersebut. Bahkan saat ini pun kita bisa melakukannya secara online sehingga lebih mudah dan tak perlu mengantri. Dan pada postingan kali ini, kita akan membahasnya agar kamu yang sedang membutuhkan surat rujukan bisa lebih mudah mendapatkannya. Mari ikuti ulasan selengkapnya berikut ini hinggal selesai.

Syarat Untuk Bisa Mendapatkan Surat Rujukan Online

Meski kita bisa mengurus surat rujukan secara online, akan tetapi kita tetap harus memahami prosedur yang benar saat meminta surat rujukan BPJS tersebut. Dan sebelum itu, kita juga harus mengetahui apa saja syarat untuk peserta agar bisa mendapatkan surat rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat II, diantaranya adalah:

  1. Pasien yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan spesialistik atau subspesialistik.
  2. Perujuk tidak bisa memberikan pelayanan kesehatan sesuai yang dibutuhkan pasien karena keterbatasan fasilitas, peralatan atau ketenagaan.
  3. Kasus medis yang menjadi kompetensi faskes tingkat pertama harus diselesaikan terlebih dahulu secara tuntas di tingkat pertama kecuali terdapat keterbatasan SDM, sarana dan prasarana pada faskes tingkat pertama tersebut.

Jika memenuhi persyaratan tersebut maka pasien atau keluarga bisa mendapatkan surat rujukan, namun jika tidak dan pasien atau keluarga tetap memaksa maka pihak faskes tingkat pertama akan memberikan 3 kata pada surat rujukan yakni APS yang mana artinya adalah Atas Permintaan Sendiri. Dengan begitu pasien harus menanggung biaya pengobatan sendiri.

BACA  Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Autodebet

Syarat Berkas yang Harus Terpenuhi

Selain syarat yang telah kita jelaskan sebelumnya, ada juga syarat berkas yang harus pasien bawa untuk mendapatkan surat rujukan, yakni:

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Kartu BPJS Kesehatan asli dan fotokopinya.
  • Kartu berobat.
  • Untuk pasien dari luar kota harus melampirkan surat pengantar dari kantor BPJS di daerah asal.

Prosedur yang Benar Untuk Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Online

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa saat ini kita sudah bisa mengurus surat rujukan secara online. Dan meski rujukan manual masih berlaku, tapi dengan adanya sistem rujukan online yang sesuai dengan prosedurnya bisa membuat kita lebih mudah tanpa harus mengantri. Adapun prosedur yang benar untuk mendapatkan surat rujukan BPJS online adalah sebagai berikut:

  • Mulai dengan pasien yang terlebih dahulu mendaftar pada loket pendaftaran.
  • Setelah itu pasien mendapatkan pemeriksaan oleh dokter atau perawat di ruang poli umum atau poli terkait keluhan.
  • Setelah itu barulah petugas menyerahkan kebagian rujukan untuk mencetak surat rujukan.
  • Biasanya petugas hanya butuh waktu 15 menit untuk mendaftarkan nama pasien secara online ke rumah sakit yang tertuju.

Itulah prosedur yang benar untuk mendapatkan surat rujukan BPJS secara online. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.