Sanksi dan Cara Mengatasi Tidak Mampu Bayar BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id – Meski untuk sebagian orang, iuran BPJS Kesehatan adalah hal sepele namun ternyata masih banyak masyarakat yang kesulitan dalam membayar iuran BPJS Kesehatan karena tidak mampu. Jika peserta BPJS Kesehatan tidak membayar iuran maka artinya peserta tersebut tidak bisa menggunakan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui sanksi dan cara mengatasi tidak mampu bayar BPJS Kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Sanksi Tidak Bayar BPJS Kesehatan

Dengan sulitnya ekonomi membuat beberapa peserta BPJS Kesehatan akhirnya memutuskan untuk menunda pembayaran BPJS Kesehatan. Padahal hal tersebut bisa membuat mereka lebih kesulitan karena akan ada denda yang menantinya. Sehingga lebih baik adalah membayar BPJS Kesehatan untuk menghindari sanksi atau denda tersebut.

Selain bisa terkena denda, ada beberapa sanksi lainnya, seperti berikut ini:

  • Status BPJS nonaktifkan ketika 1 bulan tidak bayar tagihan.
  • Status peserta yang dibekukan sementara apabila sudah lebih dari 2 bulan.
  • Sebelum melakukan pelunasan maka artinya kamu belum bisa melakukan mendapatkan layanan kesehatan.
  • Aktivasi peserta BPJS hanya bisa peserta lakukan saat peserta sudah membayar tunggakan paling lama 24 bulan beserta iuran berjalan.
  • Peserta yang membutuhkan rawat inap akan mendapatkan denda saat aktivasi ulang.

Cara Mengatasi Tidak Mampu Bayar BPJS Kesehatan

Jika memang peserta tak mampu lagi membayar iuran BPJS Kesehatan, maka ada beberapa cara yang mungkin saja bisa jadi solusinya, antaranya adalah:

  • Turun Kelas, seperti yang kita tahu bahwa BPJS Kesehatan memiliki tiga kelas yang mana setiap kelasnya pun berbeda-beda besaran iurannya. Dengan menurunkan kelas maka peserta bisa menjangkau biaya tunggakan yang lebih ringan.
  • Daftar Sebagai Peserta PBI, BPJS Kesehatan juga memiliki beberapa jenis peserta salah satunya peserta PBI atau Penerima Bantuan Iuran. Dengan menjadi peserta PBI maka iuran perbulannya akan dibayarkan pemerintah secara penuh sehingga peserta tak perlu lagi memikirkan iuran.
  • Minta Keringanan Bayar Tunggakan, peserta juga bisa mengikuti program REHAB atau Rencana Pembayaran Iuran Bertahap. Dan sebelumnya kita juga sudah pernah membahas cara bayar tunggakan iuran BPJS Kesehatan secara bertahap dan kamu bisa mengetahui prosedurnya.
BACA  Syarat dan Prosedur Operasi Katarak BPJS Gratis

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengatasi sanksi dan cara mengatasi tidak mampu bayar BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.