Solusi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Online

Solusi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Online

Diposting pada

InfoBPJS.id – Apakah kamu tengah mengalami gagal saat daftar BPJS Kesehatan karena NIK yang tidak ditemukan di Dukcapil atau belum online? Jika iya, maka artinya kamu perlu menyimak postingan kali ini sebab kita akan membagikan solusi untuk mengatasi gagal daftar BPJS Kesehatan karena NIK belum online. Berikut ulasan selengkapnya.

NIK Belum Online atau Tidak Terdaftar di Dukcapil

NIK atau Nomor Induk Kependudukan merupakan salah satu syarat untuk mengisi data tertentu. Dan apabila NIK mengalami gangguan maka pastinya proses pengisian data akan terhambat. Begitu pula untuk pengisian data saat mendaftar BPJS Kesehatan, jika NIK belum online atau tidak terdaftar di Dukcapil kita tidak bisa menyelesaikan pendaftaran tersebut.

Dikatakan belum online atau tidak terdaftar pada Dukcapil, biasanya karena pemohon masih menggunakan data dokumen lama dan belum terupdate atau diperbarui. Dengan begitu kita perlu memperbarui data agar NIK kita bisa online dan terdaftar di Dukcapil.

Solusi Gagal Daftar BPJS Kesehatan karena NIK Belum Online

Untuk mengatasi permasalahan gagal daftar BPJS Kesehatan karena NIK yang belum online maka kita bisa menggunakan beberapa cara berikut sebagai solusinya, diantaranya adalah:

1. Menelepon Call Center

Cara yang pertama adalah dengan menghubungi Call Center Halo Dukcapil melalui nomor 1500537. Layanan Call Center Halo Dukcapil ini tersedia pada hari kerja mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Jadi, selain menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga, kamu juga perlu memperhatikan waktu untuk mengubungi Call Center Halo Dukcapil dan jam operasionalnya.

BACA  Jenis – Jenis BPJS Serta Layanannya

2. Melalui Whatsapp

Cara selanjutnya adalah melalui Whatsapp dengan nomor 08118005373. Pastikan kamu menyimpan nomor tersebut ke kontak kamu dan jika sudah maka kirim pesan dengan menyampaikan permasalahan kita dan lampirkan juga data pendukung seperti KTP atau Kartu Keluarga dengan format: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan

3. Menggunakan Email

Cara terakhir adalah dengan menggunakan email. Kamu bisa mengirim pesan email ke alamat [email protected] dengan format dan melampirkan data pendukung yang sama seperti via Whatsapp, yakni #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan.

Apabila NIK sudah online maka kamu sudah bisa mendaftar BPJS Kesehatan kembali. Dan dengan begitu kamu tidak perlu repot ke kantor Disdukcapil untuk mengurus NIK yang belum online atau tidak ditemukan.

Akhir Kata

Demikianlah solusi gagal daftar BPJS Kesehatan karena NIK belum online. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk semua.