Syarat dan Cara Klaim BPJS Kesehatan untuk Kecelakaan Tunggal

PerlsdsdsdsdsdsdsdInfoBPJS.id – Salah satu layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah biaya perawatan rumah sakit akibat kecelakaan tunggal. Peserta bisa mengajukan klaim BPJS Kesehatan untuk kecelakaan tunggal, asalkan memenuhi syarat yang berlaku. Nah, sehubungan dengan itu, kali ini kita akan membahas syarat dan cara klaim BPJS Kesehatan untuk kecelakaan tunggal. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Kecelakaan Tunggal

Kecelakaan tunggal merupakan kecelakaan yang terjadi pada satu kendaraan bermotor saja. Kecelakaan ini terjadi karena adanya kelalaian pada pengemudi dan tidak melibatkan pengguna jalan dan pengemudi lainnya. Perlu kita ketahui bahwa kecelakaan tunggal juga menjadi salah satu layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun perlu digarisbawahi, kecelakaan tunggal yang bisa diklaim dengan BPJS Kesehatan bukanlah karena kelalaian pengemudi yang mengemudi di bawah pengaruh alkohol ataupun obat-obatan terlarang. Dan tentunya, untuk bisa melakukan klaim, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan dalam Buku Panduan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat.

Syarat Klaim BPJS Kecelakaan Tunggal

Syarat Klaim BPJS Kecelakaan Tunggal

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan klaim BPJS kecelakaan tunggal, yakni.

  • Kartu BPJS Kesehatan Aktif
  • Surat Laporan Polisi atau surat kecelakaan tunggal, sebagai bukti kecelakaan lalu lintas. Sertakan juga saksi mata yang ada di tempat kecelakaan dalam pembuatan surat laporan polisi.
  • Tidak terdaftar sebagai penerima asuransi dari pihak lain.
  • Kecelakaan tunggal terjadi bukan karena kelalaian penumpang.

Cara Klaim BPJS Kesehatan untuk Kecelakaan Tunggal

Apabila semua syarat sudah terpenuhi, maka berikut langkah-langkah mengajukan klaim BPJS Kesehatan untuk kecelakaan tunggal.

  • Datangi Rumah Sakit terdekat dan lakukan registrasi data pasien pada bagian pendaftaran.
  • Lakukan juga validasi data kepesertaan BPJS Kesehatan dan berikan laporan kepolisian.
  • Apabila klaim disetujui, maka tanggungan biaya perawatan dari BPJS Kesehatan bisa digunakan.
BACA  Beberapa Perawatan Gigi Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara klaim BPJS untuk kecelakaan tunggal. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua, khususnya peserta BPJS Kesehatan.

You May Also Like

About the Author: admin