Syarat dan Cara Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja

Syarat dan Cara Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja

InfoBPJS.id – Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas cara mudah membuat akun SIAPKerja BPJS Ketenagakerjaan. Nah, kali ini kita akan menggunakan platform digital dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut untuk melakukan klaim JKP. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas syarat dan cara klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja.

Syarat Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja

JKP atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan merupakan salah satu program BPJS Ketenagakerjaan yang mana diberikan kepada buruh atau pekerja yang terdampak PHK atau pemutusan hubungan kerja. Program JKP ini juga bertujuan agar bisa mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi korban PHK dengan pemberian manfaat berupa uang tunai, informasi lowongan kerja dan juga konseling.

Ada banyak sekali platform digital yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para pesertanya, salah satunya adalah SIAPKerja. Platform ini juga bisa digunakan untuk melakukan klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan. Namun sebelumnya, penting untuk tahu bahwa ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa melakukan klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan, yakni:

  • Merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia dengan usia belum mencapai 54 tahun saat terdaftar sebagai peserta.
  • Merupakan pekerja pada Pemberi Kerja atau Badan Usaha skala menengah dan besar serta telah mengikuti 4 program BPJS Ketenagakerjaan, yakni JKK, JKm, JHT dan JP.
  • Merupakan pekerja pada Pemberi Kerja atau Badan Usaha skala kecil dan mikro serta telah mengikuti minimal¬† 3 program BPJS Ketenagakerjaan, yakni JKK, JKm dan JHT.
  • Terdaftar sebagai pekerja Penerima Upah pada badan usaha program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat BPJS Kesehatan.
  • Mengalami kasus PHK dan dibuktikan dengan dokumen bukti.
  • Belum bekerja kembali sebagai buruh ataupun pekerja dalam segmen PU.
  • Berkomitmen aktif mencari pekerjaan dengan mengisi surat KAPK atau Komitmen Aktivitas Pencarian Kerja.
  • Melakukan klaim paling lambat 3 bulan setelah terkena PHK.
BACA  Cara Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan

Selain syarat tersebut, peserta yang ingin melakukan klaim JKP melalui SIAPKerja juga harus memenuhi persyaratan dokumen seperti kartu BPJS dan jug KTP.

Cara Klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja

Setelah memenuhi syarat yang berlaku dan berhasil membuat akun SIAPKerja, maka kamu bisa melakukan klaim JKP melalui SIAPKerja ini dengan mengisi formulir lapor PHK. Isi juga formulir klaim manfaat, masukkan nomor rekening dan menyetujui KAPK. Nantinya petugas BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi data diri dan manfaat JKP bisa langsung diakses.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara klaim JKP BPJS Ketenagakerjaan via SIAPKerja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: admin