Syarat dan Cara Melepaskan BPJS dari Orang Tua

Syarat dan Cara Melepaskan BPJS dari Orang Tua

Diposting pada

InfoBPJS.id – Setelah menikah, baik suami ataupun istri tentu akan keluar dari tanggungan orang tua. Tak terkecuali dengan tagihan BPJS Kesehatan mereka. Untuk itu, sudah seharusnya kita mengetahui syarat dan cara untuk melepaskan BPJS Kesehatan dari orang tua. Agar nantinya bisa dengan lancar saat pengurusannya. Dan oleh karena itu pula, postingan kali ini akan membahas tentang syarat dan cara melepaskan BPJS Kesehatan dari orang tua. Berikut ulasan selengkapnya.

Syarat Melepaskan BPJS Kesehatan dari Orang Tua

Sebagai salah satu program pemerintah, khususnya dalam bidang kesehatan. BPJS Kesehatan pun wajib diikuti oleh seluruh warga negara ini, mulai dari orang tua hingga anak – anak. Dan setiap kepala keluarga yang memiliki anggota keluarga seperti istri dan anak harus membayar iuran perbulannya beserta dengan anggota keluarganya tersebut.

Namun sebagian peserta masih menanyakan mengenai BPJS lepas dari orang tua yang mana biasanya iuran anak sepenuhnya ditanggung orang tua hingga tiba saatnya anak tersebut bisa membayar iurannya sendiri. Dan untuk bisa melepaskan BPJS Kesehatan dari orang tua pun harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Telah menikah atau berstatus anak namun telah memiliki penghasilan sendiri.
  • Berusia sudah lebih dari 21 tahun atau 25 tahun untuk yang telah menyelesaikan pendidikan formal dan telah memiliki penghasilan sendiri.

Apabila telah memenuhi persyaratan tersebut maka artinya sudah bisa melepaskan kepesertaan BPJS dari orang tua dan membuat kepesertaan BPJS sendiri atau bersama keluarga yang baru.

Cara Melepaskan BPJS dari Orang Tua

Jika kamu telah memenuhi persyaratan yang telah kita sebutkan diatas dan berkeinginan untuk melepaskan BPJS dari orang tua namun tidak tahu caranya. Maka kamu bisa melakukannya sendiri dengan mendatangi kantor BPJS terdekat yang ada di kota kamu.

READ  Prosedur yang Benar Untuk Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Online

Apabila kamu sudah menikah maka perlu menunjukkan KK atau Kartu Keluarga sendiri ke petugas BPJS Kesehatan. Dan nantinya apabila telah berhasil lepas BPJS dari orang tua maka artinya iuran keluarga untuk istri dan anak akan menjadi tanggung jawab kamu sepenuhnya berdasarkan kelas yang kamu pilih.

Itulah ulasan mengenai syarat dan cara melepaskan BPJS dari orang tua. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan berguna untuk kamu yang membacanya.