Syarat dan Cara Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS

Syarat dan Cara Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS

InfoBPJS.idSyarat dan Cara Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS. Sebagian peserta BPJS Kesehatan tidak mengetahui bahwa pemulasaraan jenazah juga bisa dilakukan dengan BPJS. Dengan begitu, segala proses pemulasaraan jenazah bisa dilakukan secara gratis. Nah, bagi kamu yang belum tahu mengenai syarat dan cara pemulasaraan jenazah dengan BPJS, maka silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS

BPJS Kesehatan memberikan manfaat jaminan sosial kesehatan bagi hak peserta dan atau anggota keluarganya yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan. Pelayanan kesehatan yang dijamin meliputi pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, pelayanan gawat darurat hingga layanan ambulans darat dan juga air. Selain itu, untuk biaya pemulasaraan jenazah peserta BPJS juga masuk sebagai salah satu jaminan dalam manfaat BPJS.

Syarat Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS

Pelayanan pemulasaraan jenazah dengan BPJS juga termasuk dalam pelayanan fasilitas kesehatan Instalasi Kedokteran Forensik. Dan biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan sehingga keluarga bisa lebih terbantu untuk proses selanjutnya, yakni pemakaman.

Sama seperti layanan kesehatan BPJS lainnya, layanan pemulasaraan jenazah gratis hanya bisa didapatkan oleh peserta BPJS dengan menunjukkan kartu kepesertaan sebagai buktinya. Tak harus berupa fisik, keluarga pasien juga bisa menunjukkan bukti kepesertaan pasien dengan menunjukkannya dalam versi digital yakni menggunakan aplikasi JKN Mobile.

Untuk bisa menggunakan layanan pemulasaraan jenazah BPJS ini juga memiliki prosedur yang berlaku. Yakni hanya berlaku untuk pasien yang meninggal setelah dirawat inap pada fasilitas kesehatan yang memiliki kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, layanan ini tidak termasuk peti mati dan mobil jenazah. Prosedur yang dilakukan sesuai dengan agama yang dianut jenazah atau sesuai dengan permintaan keluarga pasien. Prosedurnya meliputi pemandian dan pengkafanan jenazah dengan tujuan agar jenazah siap untuk dibawa pulang pihak keluarga.

BACA  Prosedur Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu Untuk BPJS Kesehatan

Cara Pemulasaraan Jenazah Gratis Dengan BPJS

Adapun cara untuk bisa menggunakan layanan pemulasaraan jenazah gratis dengan BPJS adalah dengan mengikuti semua prosedur layanan kesehatan. Mulai dari pemeriksaan pasien, pengobatan pasien yang dilakukan pada fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Apabila pasien meninggal dalam masa perawatan pada rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, maka pasien juga berhak dan bisa mendapatkan layanan pemulasaraan jenazah gratis dengan BPJS Kesehatan dengan menunjukkan syarat yang berlaku.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara pemulasaraan jenazah gratis dengan BPJS. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.

You May Also Like

About the Author: admin