Syarat Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id – Sebagai lembaga yang menyelenggarakan program jaminan sosial bagi para pekerja di Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan turut memberikan manfaat bagi peserta yang kehilangan pekerjaan dengan program JKP atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari program JKP, peserta harus mengikuti ketentuan yang ada dan memenuhi persyaratan yang berlaku. Sehubungan dengan itu, kali ini kita akan membagikan informasi terkait syarat klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut.

Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan

JKP atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan merupakan salah satu dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Program JKP bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak saatu pekerja kehilangan pekerjaan. Dengan JKP, diharapkan peserta bisa memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi risiko PHK sambil berusaha mendapatkan pekerjaan kembali.

Manfaat Program JKP BPJS Ketenagakerjaan

Banyak sekali manfaat dari program JKP, mulai dari uang tunai, akses informasi kerja hingga pelatihan kerja. Berikut rinciannya.

1. Uang Tunai

Manfaat uang tunai yang bisa didapatkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa dihitung dengan rumus (45% x upah x 3 bulan) + (25% x upah x 3 bulan). Peserta akan menerima manfaat uang tunai setiap bulan dengan batas waktu paling lama 6 bulan setelah pekerja mengalami PHK dan diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan serta memenuhi syarat yang berlaku.

2. Akses Informasi Kerja

Selain manfaat uang tunai, peserta juga akan mendapatkan akses informasi kerja dalam bentuk layanan informasi pasar kerja dan bimbingan jabatan dalam bentuk asesmen atau penilaian diri dan konseling karir.

BACA  Pelatihan Kerja untuk Peserta JKP BPJS Ketenagakerjaan

3. Pelatihan Kerja

Untuk pelatihan kerja yang disediakan berbasis kompetensi kerja dan dilakukan melalui lembaga pelatihan kerja milik pemerintah, swasta atau perusahaan.

Syarat Mengajukan Klaim JKP

Sama seperti program BPJS Ketenagakerjaan lainnya, untuk bisa melakukan klaim JKP, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan seperti berikut ini.

  • Peserta yang mengalami PHK baik untuk hubungan kerja yang didasari perjanjian kerja waktu tidak tertentu maupun dengan waktu tertentu. Namun ada juga¬† pemutusan hubungan kerja yang dikecualikan, yakni mengundurkan diri, cacat total tetap, pensiun dan meninggal dunia.
  • Peserta memiliki masa iuran minimal 12 bulan dalam 24 bulan dan telah membayar iuran paling singkat 6 bulan berturut-turut sebelum PHK.
  • Peserta memiliki keinginan untuk berkerja kembali.
  • Dan hanya bisa diajukan maksimum 3 bulan setelah dinyatakan PHK.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: admin