Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

InfoBPJS.id – Peserta BPJS Ketenagakerjaan berhak untuk melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan miliknya yang saat ini bisa dengan mudah dilakukan baik secara online maupun offline. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bertanya – tanya apa saja syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan dan bagaimana caranya? Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, postingan kali ini akan membahasnya. Mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program jaminan sosial dari pemerintah dengan tujuan untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi pada masyarakat. Dalam BPJS Ketenagakerjaan pun ada beberapa program jaminan, diantaranya JHT atau Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Bagi peserta yang sudah resign, mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau telah mencapai usia pensiun bisa mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan dan untuk mengurus pencairan tersebut pun sangat mudah. Hanya saja peserta harus terlebih dahulu mengetahui syarat dan prosedurnya agar tidak ada kesalahan dan kesulitan nantinya.

Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Adapun dokumen persyaratan untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja yang resain atau mengalami PHK adalah sebagai berikut.

  • Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • E-KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Buku Tabungan dengan nomor rekening yang masih aktif.
  • NPWP apabila ada.
  • Surat Keterangan Berhenti Bekerja, Surat Perjanjian Kerja, Surat Pengalaman Kerja, atau surat Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial.
  • Foto diri terbaru yang tampak dari depan.

Sedangkan untuk peserta yang memasuki usia pensiun harus melampirkan surat keterangan pensiun dan selebihnya persyaratan klaim JHT sama dengan pekerja yang mengalami PHK ataupun resign. Jika memilih untuk mengajukan pencairan secara online maka perlu untuk membuat semua dokumen persyaratan menjadi bentuk file yang telah discan.

BACA  Lapak Asik Untuk Klaim Bpjs Ketenagakerjaan

Untuk Surat Keterangan Berhenti Bekerja yang lebih dari satu lembar maka ubah menjadi satu file PDF sebelum mengunggahnya. Dan apabila semua persyaratan sudah terpenuhi maka peserta bisa perlu pendaftaran antrian online BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang perlu kamu catat. Semoga berguna dan menjadi informasi bermanfaat untuk semua.