Tahapan Tes HIV yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Tahapan Tes HIV yang Ditanggung BPJS Kesehatan

InfoBPJS.idTahapan Tes HIV yang Ditanggung BPJS Kesehatan. HIV atau Human Immunodeficiency Virus telah menjadi suatu kondisi yang mendapatkan stigma negatif di lingkungan masyarakat. Hal ini pula yang menjadi penyebab banyak orang yang ragu untuk melakukan tes HIV. Tak sedikit juga yang beranggapan bahwa untuk melakukan tes HIV membutuhkan biaya yang tak sedikit sehingga akhirnya urung untuk melakukannya. Padahal yang sebenarnya, pemeriksaan HIV tersebut bisa dilakukan secara gratis karena ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Tes HIV Ditanggung BPJS Kesehatan

Tes HIV Ditanggung BPJS Kesehatan

Hampir semua jenis penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan, dan yang mungkin baru kita ketahui ternyata BPJS Kesehatan juga menanggung tes HIV. Tes HIV sendiri dibutuhkan untuk bisa mengetahui ada tidaknya virus HIV dalam tubuh pasien. Dengan begitu, pasien pun bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut dan efektif.

Meski nyatanya masih banyak yang menganggap rumit dan mahal untuk bisa melakukan tes HIV, namun dengan menjadi peserta BPJS maka masyarakat bisa lebih mudah melakukan tes HIV tersebut secara gratis.

Tahapan Tes HIV yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Adapun tes HIV yang ditanggung BPJS Kesehatan meliputi pemeriksaan CD4 dan tes viral load. Berikut penjelasannya.

  1. Pemeriksaan CD4

Pemeriksaan CD4 ini merupakan tahapan dimana pasien akan melakukan tes darah guna memeriksa jumlah sel CD4 dalam tubuhnya. Dimana sel CD4 sendiri merupakan jenis sel darah putih yang memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel CD4 yang memperingatkan sel-sel kekebalan lainnya jika adanya infeksi seperti bakteri maupun virus lain di dalam tubuh. Untuk seseorang yang hidup dengan HIV, virus tersebut akan menyerang sel CD4 dalam tubuhnya yang akhirnya membuat sel ini menjadi rusak dan mengalami penurunan.

  1. Tes Viral Load
BACA  Daftar Penyakit Peserta PRB BPJS Kesehatan

Sementara itu, untuk tes viral load ini dilakukan untuk mengukur jumlah partikel HIV dalam satu ml atau militer darah. Tes viral load juga dibutuhkan untuk menilai perkembangan HIV dalam tubuh. Dan disisi lain juga bisa menjadi tolak ukur untuk melihat seberapa baik terapi HIV seseorang dalam mengelola virus di tubuhnya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai tahapan tes HIV yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like

About the Author: admin