Tiga Kelas BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

InfoBPJS.id – Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai tiga kelas BPJS Kesehatan beserta fasilitasnya. Bagi kamu yang ingin mendaftar atau memang merupakan peserta BPJS Kesehatan namun belum atau kurang paham dengan perbedaan fasilitas pada ketiga kelas tersebut, maka bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kelas BPJS Kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan pastinya sudah tahu bahwa saat mendaftar kepesertaan kita akan diminta untuk memilih kelas yang mana kelas tersebut juga berdasarkan dengan kebutuhan. BPJS Kesehatan menyediakan tiga kelas dengan fasilitas yang berbeda pula.

Oleh karena sebagai peserta kita patut mengetahui dan memahami fasilitas dari masing – masing kelas tersebut. Dan biasanya yang membedakan adalah ruang perawatan saat rawat inap di rumah sakit serta biaya yang dibebankan, namun untuk obat – obatan dan rawat jalan semua peserta tetap mendapatkan fasilitas yang sama yakni sama – sama gratis.

Tiga Kelas BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

Berikut tiga kelas BPJS Kesehatan beserta fasilitasnya yang perlu kamu ketahui:

1. Kelas I

Kelas I ini adalah pilihan pelayanan kesehatan yang paling tinggi dengn iuran yang paling tinggi pula. Namun meski demikian, peserta kelas I berhak mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang paling nyaman. Masing – masing peserta memperoleh ruang perawatan dengan kapasitas yang sedikit yakni hanya 2 sampai 4 pasien. Peserta juga bisa mendapatkan ruang inap yang lebih privasi dengan mengupgrade ke pelayanan kelas VIP caranya hanya perlu membayar kekurangan biaya pada kelas VIP yang ditangguhkan oleh BPJS Kesehatan.

BACA  Prosedur MRI Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan

2. Kelas II

Pada dasarnya, pelayanan kesehatan untuk kelas II berada satu tingkat di bawah kelas I. Sehingga iurannya lebih murah dan fasilitas yang peserta dapatkan pun berbeda. Jika untuk ruang perawatan untuk rawat inap kelas I hanya berkapasitas 2 sampai 4 pasien. Untuk kelas II ini berkapasitas 3 sampai 5 pasien. Namun meski demikian, peserta kelas II juga bisa menikmati layanan kelas I atau VIP dengan membayar kekurangan biaya yang ditangguhkan BPJS Kesehatan.

3. Kelas III

Untuk peserta kelas III ini umumnya merupakan masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan fasilitas berupa ruang perawatan untuk rawat inap bisa berkapasitas 4 sampai 6 orang. Bahkan ada beberapa rumah sakit yanh kapasitas ruang inapnya lebih banyak.

Demikianlah ulasan mengenai tiga kelas BPJS Kesehatan dan fasilitasnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.