BPJS Kesehatan

Cara Menggunakan BPJS di Luar Kota

InfoBPJS.id – Bagi kamu yang hendak pindah atau akan bertugas keluar kota selama lebih dari tiga bulan. Ada baiknya untuk mengurus perpindahan faskes BPJS ke luar kota agar bisa lebih mudah dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Namun, jika tidak sampai tiga bulan dan ingin menggunakan BPJS diluar kota tersebut. Maka kamu bisa menemukannya pada postingan kali ini. Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara menggunakan BPJS di luar kota.

Cara Menggunakan BPJS di Luar Kota

Kartu BPJS Kesehatan yang kita gunakan merupakan kartu berbasis domisili. Sehingga tak jarang orang yang memiliki pertanyaan bagaimana cara untuk bisa menggunakan BPJS saat di luar kota domisili. Misalnya untuk melakukan konsultasi dan penanganan kesehatan yang tidak bisa kita prediksi kapan waktunya.

Jika sudah demikian, maka cara yang tepat adalah dengan mempersiapkan surat domisili, sebab surat ini harus kamu bawa ke kantor cabang BPJS Kesehatan di kota tempat kamu berkunjung untuk kemudian mendapatkan rujukan aagarbisa berobat ke faskes tingkat pertama terdekat.

Namun cara tersebut masih bisa kita sederhanakan sebab berdasarkan keterangan dari Call Center BPJS Kesehatan, untuk prosedur menggunakan BPJS di luar kota domisili tidaklah rumit. Peserta bisa memeriksa kesehatan dengan langsung berkunjung ke fasilitas kesehatan tingkat pertama. Dengan hanya membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatam dan kunjungan tersebut hanya boleh tiga kali dalam sebulan.

Hal ini berdasarkan Perpres 19 Tahun 2016 mengenai kontrak atau perjanjian kerjasama fasilitas kesehatan tingkat pertama dengan BPJS Kesehatan yang mana menjelaskan bahwa faskes sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada peserta BPJS yang tidak terdaftar pada faskes tersebut.

Cara Alternatif Lainnya

Alternatif lainnya adalah apabila kamu berada di luar kota dalam waktu yang lama sehingga solusinya dengan memindahkan faskes kesehatan kamu yang telah terdaftar. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, baik melalui Call Center 1500400 ataupun melalui aplikasi JKN. Karena dengan begitu kamu bisa lebih mudah dan tidak perlu ragu apabila ingin mendapatkan fasilitas kesehatan pada faskes di luar kota tersebut.

Demikianlah cara menggunakan BPJS Kesehatan yang bisa kamu gunakan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.

admin

Recent Posts

Cara Cairkan Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan

InfoBPJS.id - Sudahkah kamu tahu, bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mencairkan dana JHT sebesar Rp.10…

3 bulan ago

Gangguan Mental yang Ditanggung BPJS Kesehatan

InfoBPJS.id - Selain perlu menjaga kesehatan fisik, kita juga perlu menjaga kesehatan mental. Sebab gangguan…

3 bulan ago

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Terbaru

InfoBPJS.id - Artikel ini akan menjelaskan tentang bagiamana Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Terbaru. Bagi…

3 bulan ago

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024

InfoBPJS.id - Artikel ini akan membahas tentang bagaimana Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2024. Bagi…

3 bulan ago

Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Via Online

InfoBPJS.id - Artikel ini akan membahas tentang bagaimana Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia…

3 bulan ago

Cara Mendaftar Autodebet BPJS Kesehatan Menggunakan Bank BCA

InfoBPJS.id - Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Mendaftar Autodebet BPJS Kesehatan Menggunakan Bank…

3 bulan ago